Senin 15 Jul 2019 15:12 WIB

Harapan Orang Tua di Hari Pertama Masuk Sekolah

Orang tua siswa SD menyebut momen mengantar di hari pertama takkan terulang lagi

Rep: Umi Soliha/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Suasana orang tua mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah di SD Pelita Jalan Karang Pola VII, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (15/7).
Foto: Republika/Umi Soliha
Suasana orang tua mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah di SD Pelita Jalan Karang Pola VII, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (15/7).

REPUBLIKA.CO.ID, Umi Soliha/Wartawan Republika

Dinas pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan hari Senin (15/7) adalah hari masuk serantak untuk seluruh sekolah di DKI Jakarta. Maka tak heran di beberapa titik sekolah di DKI Jakarta terlihat ramai dan tak jarang menimbulkan kemacetan.

Baca Juga

Kondisi ramai tersebut salah satunya terlihat di SD Pelita di Jalan Karang Pola VII, Jatipadang, Pasar Minggu. Puluhan orang tua terlihat berbondong - bondong mengantarkan anak-anak mereka yang baru pertama kali memasuki bangku sekolah dasar.

photo
Suasana orang tua mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah di SD Pelita Jalan Karang Pola VII, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (15/7).

Para orang tua terlihat menemani anak - anak mereka sampai ke dalam sekolah untuk mencari ruang kelas masing - masing. Untuk saling memudahkan baik guru maupun temen sebaya mereka saling mengenal, siswa baru nampak dilengkapi dengan papan nama yang mengantung di dadanya.

Para orang tua pun terlihat antusias menyaksikan anak-anak mereka yang memasuki masa transisi dari TK ke SD tersebut. Mereka mengamati dengan seksama setiap kegiatan - kegiatan yang dilakukan oleh buah hatinya.

Salah satu dari puluhan orang tua siswa yang terlihat antusias menemani sang buah hati adalah Yuni. Ibu muda tersebut menyampaikan rasa bahagia dan seberapa penting baginya menemani anak pada hari pertama masuk sekolah.

"Meskipun dia adalah anak kedua saya yang masuk sekolah ini tetap saya tidak ingin melewatkan setiap hal baru yang terjadi pada buah hati saya. Terutama momen penting yang tak akan terulang lagi dalam diri anak saya seperti saat ini,"ujarnya saat ditemui di salah satu SD swasta yang terbaik di Jakarta tersebut.

Ia juga mengatakan hari pertama ini adalah momen untuk tambah mempererat hubungan antara anak orang tua terutama ibu, yang tidak boleh dilewatkan setiap oarang tua. Jauh-jauh hari ia juga sudah memberikan pengertian dan semangat kepada anaknya agar tidak terlalu kaget pada hari pertama masuk sekolah.

"Sangat penting bagi orang tua untuk mengantarkan anak di hari pertama masuk sekolah. Sebab, pada momen ini juga kita bisa mengenal guru-guru yang akan mengajar anak saya. Berbagi nomor kontak untuk menjalin komunikasi kedepannya dan sekaligus mengecek fasilitas-fasilitas yang ada. Jika ada yang belum sesuai bisa langsung dikomunikasikan,"ujarnya.

Orang tua murid lain yang terlihat juga antusias menemani anaknya adalah Rubi. Senada dengan orang tua murid lain ia juga mengaku sangat bahagia anaknya telah memasuki salah satu bangku sekolah dasar yang favorit di Jakarta.

Selain itu, agar buah hatinya saat memasuki sekolah bisa cepat beradaptasi dan patuh kepada guru. Ia mengaku jauh-jauh hati telah menjelaskan sikap seperti apa yang harus sang buah hati lakukan saat berada di sekolah.

"Saya bahagia dan semangat menemani anak pada hari pertama masuk sekolah. Banyak hal sebelumnya yang telah disiapkan, terutama bagaimana anak bisa mudah bersosialisasi dan mematuhi perintah gurunya. Saya jelaskan pelan-pelan kalau di sekolah harus bersikap sopan dan pantuh kepada perintah guru. Sama teman-temannya juga harus baik, tidak boleh mengganggu,"ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement