Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

85% Konsumen Zilingo Berbelanja Via Perangkat Mobile

Senin 15 Jul 2019 05:05 WIB

Rep: Agus Aryanto(Warta Ekonomi)/ Red: Agus Aryanto(Warta Ekonomi)

85% Konsumen Zilingo Berbelanja Via Perangkat Mobile. (FOTO: Instagram)

85% Konsumen Zilingo Berbelanja Via Perangkat Mobile. (FOTO: Instagram)

Perangkat mobile semakin mendorong aktivitas belanja masyarakat.

Perangkat mobile semakin mendorong aktivitas belanja masyarakat. Teknologi smartphone yang semakin canggih, didukung dengan inovasi para pelaku e-commerce membuat aktivitas belanja online terus meningkat.

Data terbaru yang diluncurkan oleh Zilingo, e-commerce dengan produk utamanya pakaian, menunjukan sebanyak 85% konsumennya melakukan transaksi menggunakan perangkat mobile. Kemudahan menggunakan perangkat ini membuat konsumen dapat melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun.

Juga diketahui sebagian besar konsumen melakukan transaksi pada hari kerja, dilakukan saat istirahat makan siang antara jam 12-2 siang atau selepas jam kerja antara jam 6 sore-8 malam. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi sebuah rutinitas yang pelanggan lakukan dalam waktu luang mereka.

Baca Juga: Raih US$226 Juta dalam Pendanaan Seri D, Zilingo Akan Ekspansi Pasar Utama di 3 Negara

Data Zilingo juga menyebutkan, sejauh ini lebih dari 50% transaksi di Zilingo berasal dari Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Menyusul di tempat kedua dan ketiga adalah Sumatera dan Sulawesi. Jika ditelaah berdasarkan kota, Medan berada di posisi pertama sebagai kota dengan jumlah pesanan terbesar, diikuti oleh Surabaya dan Bekasi.

Dominasi daerah tersebut sesuai dengan pilihan transaksi yang disukai para konsumen, yaitu cash on delivery (COD). Pilihan konsumen itu juga didukung oleh fitur COD Zilingo yang terbukti diterima baik oleh pelanggan Zilingo karena sebagian besar pembelian di Zilingo menggunakan fitur pembayaran ini.

Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing, Zilingo, menjelaskan, melalui COD, pelanggan yang minim atau tanpa akses ke bank tetap dapat membeli keperluan fesyen favorit mereka di mana pun mereka berada. Pelanggan juga dapat memeriksa produk yang dibeli secara langsung sebelum membayarnya.

"Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan tingkat pemahaman yang lebih tinggi antara Zilingo dan pelanggannya," jelasnya.

Sebagai e-commerce yang fokus pada produk fesyen, ada lima kategori teratas yang terjual pada semester pertama 2019, adalah pakaian (31,11%), sepatu (20,23%), kebutuhan rumah tangga (11,46%), pakaian muslim (9,19%), serta tas dan dompet (5,43%).

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa para pelanggan mulai membeli lebih banyak barang untuk kebutuhan rumah mereka seperti keperluan kamar tidur, dekorasi rumah, serta penyimpanan untuk pakaian dan sepatu, yang menjadikan Zilingo sebagai platform lengkap untuk memenuhi kebutuhan fesyen dan gaya hidup mereka.

Baca Juga: Mulia Banget... Ini Ternyata Cita-Cita Awal Berdirinya Zilingo

Ada temuan menarik dari data yang dihasilkan, di mana pelanggan laki-laki semakin peduli dengan penampilan. Lebih dari 40% pelanggan Zilingo adalah pria dengan pilihan busana yang paling digemari, yaitu kaos dan kemeja polo (14,75%), sandal (8,34%), sepatu (8,14%), pakaian kasual (7,39%), dan kemeja formal (5,95%).

Sebagai perbandingan, hampir 60% pelanggan Zilingo adalah wanita dan lima produk yang paling banyak dibeli adalah flat shoes (7,84%), sepatu kasual (7,81%), sandal (6,81%), atasan dan tunik (6,72%), serta legging (6,63%).

Sarah menambahkan, paruh pertama 2019 merupakan waktu yang mengasyikkan bagi pelanggan Zilingo di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa kampanye terbesar pada 2019, termasuk #BelanjaVersiGue di Ramadan ini untuk para pelanggan Indonesia, pihaknya berharap dapat terus meningkatkan pengalaman belanja pelanggan melalui penawaran dan inisiatif pemasaran.

"Kami optimis untuk menyambut paruh kedua 2019 yang akan datang," jelasnya.

 

Sementara untuk mengawali paruh kedua tahun ini, Zilingo kembali hadir untuk merayakan musim panas Anda dengan penuh gaya. Pelanggan dapat menantikan promosi yang luar biasa di setiap minggu pada Juli. Flash sale "Happy Hour" dari Zilingo akan berlaku setiap Senin dari jam 1 siang sampai 4 sore dengan diskon epik hingga 50% (hingga Rp50 ribu). Semakin banyak berbelanja, semakin tinggi kesempatan Anda untuk memenangkan uang tunai dengan total Rp10 juta, voucer Zilingo, dan tiga iPhone XR.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA