Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Emil Instruksikan Bupati/Wali Kota Antisipasi Kekeringan

Rabu 03 Jul 2019 13:35 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

Warga melintas di lahan sawah yang kering di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

Warga melintas di lahan sawah yang kering di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Emil meminta pengiriman mobil air setiap hari dari PDAM yang ada.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengintruksikan pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat yang dipimpin bupati/wali kota agar lebih aktif mengatasi kekeringan yang terjadi saat musim kemarau ini. Karena, kebutuhan air di masyarakat harus tetap terpenuhi dengan mengirimkan mobil pengangkut dari setiap PDAM yang ada.

Hal tersebut, ditegaskan Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat dimintai komentar terkait kekeringan yang sudah banyak terjadi di wilayahnya. Menurut Emil, dirinya sudah berkoordinasi dengan seluruh bupati/wali kota terkait kekeringan kali ini.

"Saya sudah koordinasi untuk mengantisipasi kekeringan. Pemerintah harus memastikan suplai air bersih tak terhalangi," ujar Emil kepada wartawan di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (3/7).

Baca Juga

Menurut Emil, ia telah menginstruksikan kepada daerah di bawahnya untuk mengerahkan segala potensi yang ada dalam mengatasi kekeringan ini. Salah satunya dengan menurunkan mobil tanki di setiap PDAM untuk memasok air bersih bagi masyarakat.

"Sediakan truk-truk PDAM untuk memberi air ke masyarakat. Itu harus dilakukan," katanya.

Selain itu, kata dia, untuk mengamankan pengairan lahan pertanian, ia pun mengaku sudah membicarakannya. Salah satunya terkait pengaturan pasokan air agar penggunaannya lebih efektif.

"Untuk irigasi, kita akan menyesuaikan pengaturan debit air. Yang dulu gede, kita atur lebih efisien, sehingga persawahan-persawahan bisa mendapatkan air, walau tak semaksimal sebelumnya," kata Emil.

Menurut Emil, ia pun sudah berkoordinasi dengan pengelola bendungan yang ada. "Koordinasi dengan PJT kita tingkatkan," katanya.

Bahkan, kata Emil, kemungkinan ia akan usul ke pemerintah pusat kalau kekeringan sudah ekstrem untuk dilakukan rekayasa iklim. "Ini dulu juga dilakukan untuk meningkatkan jumlah intensitas air hujan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA