Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Wisatawan Bisa Jajal Offroad dan Grasstrack di Gunjantino

Selasa 02 Jul 2019 15:30 WIB

Red: Reiny Dwinanda

 Mobil offroad

Mobil offroad

Foto: Antara/Zabur Karuru
Wisatawan dapat menyusuri Gunjantino dengan mobil offroad.

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN -- Pegiat wisata Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat menyediakan mobil offroad gratis bagi wisatawan. Dengan begitu, turis bisa leluasa menjelajah kawasan objek wisata Gunung Jantan dan Batino atau Gunjantino yang ada di daerah itu.

"Demi kepopuleran kawasan Gunjantino saya siap meminjamkan mobil offroad milik saya ke setiap wisatawan yang ingin menikmati pesonanya," kata Wali Nagari Puluik-Puluik, Jumrizal di Painan, Selasa.

Penggunaan mobil tersebut tanpa dipungut biaya, bahkan jika situasinya agak genting ia berkenan membelikan bahan bakar minyak untuk operasional mobil tersebut. Jumrizal mengatakan ada kebahagiaan tersendiri baginya jika ke depan kawasan Gunjantino populer baik dalam maupun luar negeri.

Menurut Jumrizal, popularitas Gunjantino akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Untuk mendorong kawasan Gunjantino menjadi objek wisata andal, pihaknya telah menggelar pelatihan bagi masyarakat setempat dengan menghadirkan pelaku-pelaku usaha pariwisata.

"Kami sadar tidak mudah menjadikan sebuah lokasi menjadi objek wisata yang populer dan setelah populer tidak mudah juga untuk mempertahankannya, makanya secara perlahan kami mulai memberikan pelatihan ke masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Bayang Utara, Ronald Bernando mengatakan di kawasan Gunjantino sudah terdapat sirkuit grasstrack sehingga penunggang sepeda motor trail bisa sepuasnya beraksi di lokasi. Selain bagi profesional, jalur sirkuit tersebut juga disediakan bagi pemula, sehingga setiap wisatawan yang datang bisa menjajalnya.

Selain berhawa sejuk, kawasan Gunjantino juga menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Di sebelah timur dan utara terhampar perbukitan dengan pepohonan yang menghijau. Di sebelah barat terdapat air terjun Batuang yang mempesona dan sebelah selatan terbentang panorama Samudera Hindia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA