Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tips Cepat Menjaga Dapur Tetap Bersih

Jumat 28 Jun 2019 04:00 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Muhammad Hafil

Ibu dan anak memasak di dapur/ilustrasi

Ibu dan anak memasak di dapur/ilustrasi

Foto: Republika/Prayogi
Kebanyakan orang menganggap membersihkan dapur adalah tugas yang rumit.

REPUBLIKA.CO.ID, Sangat tepat dikatakan bahwa dapur adalah identitas rumah. Dapur merupakan cerminan keseluruhan rumah. Oleh karena itu penting untuk memastikan dapur tetap  bersih dan rapi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan di sini adalah fakta dapur adalah tempat makanan rumah berasal. Jadi, jika perawatan yang tepat tidak dilakukan untuk memastikan bahwa kebersihan maka akan membuat makanan Anda terkontaminasi dan pada akhirnya akn mempengaruhi kesehatan Anda.

Kebanyakan orang menganggap membersihkan dapur adalah tugas yang rumit dan membosankan. Terlebih sekarang ini,banyak dapur modern yang memilik terlalu banyak peralatan, sehingga kegiatan membersihkan dapur seperti tugas raksasa.

Namun pada kenyataannya, jika seseorang dapat merencanakan hal-hal dengan baik, membersihkan dapur sebenarnya merupakan hal yang sangat ringan. Berikut tips cepat membersihkan dapur Anda, dilansir dari Blodsky, Jumat (28/6).

1. Teh lebih dari sekedar minuman

Siapa yang tidak suka meminum teh? Tetapi sedikit yang kita tahu bahwa teh dapat digunakan untuk keperluan lain juga. Untuk menggunakannya sebagai bahan pembersih, Anda hanya perlu mendidihkan daun teh asli.

 Teh memiliki sejumlah tanin yang menyulitkan lemak dan makanan untuk menempel, sehingga sangat mempercepat Anda dalam membersihkan peralatan dapur. Bahkan dengan menggunakan teh panas ini bisa dengan cepat membersihkan wastafel Anda.

2. Produk yang tak berumur panjang

Kita semua tahu jika produk – produk seperti baking powder memiliki umur simpan yang pendek meskipun disimpan dilemarin es. Produk ini biasanya tidak dimaksudkan diguanakn selama lebih dari 30 hari. Daripada banking powder terserbut dibuang begitu saja, ada baiknya dugunakan untuk membersihakan tempa sampah Anda. Jika ini dilakukan secara berkala setiap beberapa sekali, dapat dipastikan tempat sampah Anda tidak bau.

3. Membersihkan Oven

Bagi orang-orang yang terbiasa membuat kue dan melakukan segala macam memasak dalam microwave, membersihkannya seringkali menjadi hal yang menjengkelkan. Apalagi jika makanan Anda ada yang tertumpah di dalam microwave dan melengket.

Hal yang perlu dilakuakn jika mengalami kondisi tersebut adalah menaburkan garam di atas tumpahan. Lalu panaskan selama beberapa menit, sisa makanan yang lengket tersebut akan menjadi abu. Saat oven mulai dingin Anda bisa menyekanya dengan kain basah.

4.  Membersihkan Wastafel

Bagi banyak orang membersihkan wastafel adalah hal yang menjijikan. Namun, pada kenyataannya wastafel adalah salah satu kesatuan terpenting dari dapur yang tidak bisa diabaikan kebersihannya.

Setelah membersihkan wastafel dengan sabun, kalaian bisa oleskan zaitun atau baby oil dan tunggu hingga wastafel kering sebelum digunakan kembali. Dengan menggunakan cara ini, wastafel Anda akan terlihat selalu bersih cemerlang tanpa adanya sedikit noda yang cemerlang.

5. Pembersih alat seduh kopi

Cuka meruapakan bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihakn peralatan – peralatan rumah tangga. Asam aseta dalam cuka sangat berguna membersihkan alat seduh kopi. Cara kerja pembuatan kopi dapat tersumbat oleh deposit mineral, sehingga cuka bisa jadi ide bagus untuk membersihkannya setiap beberapa bulan.Gosok perlahan alat seduh kipi dengan cuka sampai noda menghilang. Lalu, bilaslah dengan air biasa.

6.  Pewangi ruangan

Trik untuk dapur yang wangi tidak terletak pada penyegar ruangan mahal. Anda hanya perlu membeli lemon dan menusuknya dengan tusuk gigi. Selanjutnya, masukkan ke dalam oven dan panaskan salam suhu 300 derajat, selama kurang lebih 10 menit. Lalu, biarkan pintu oven terbuka, agar aromanya yang harum dapat menyebar ke seluruh ruangan. Jika Anda tidak memiliki oven, Anda bisa merebus jeruk nipis yang ditusuk dalam air selama 20 hingga 25 menit untuk mendapatkan hasil yang serupa.

 
7. Jangan Malas

Tips terakhir ini berlaku dalam segala aspek kehidupan termasuk khususnya dalam menjaga kebersihan dapur. Bersihkan setiap alat setelah digunakan. Jika Anda merasa alat tidak kotor selama penggunaan, Anda dapat membersihkannya dengan kain kering. Menjaga kebersihan alat counter-top adalah yang paling penting dan akan sangat membantu dalam memastikan dapur yang bersih.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA