Arab Saudi Perkuat Pelayanan bagi Jamaah Haji

Kamis , 20 Jun 2019, 11:11 WIB Reporter :Umi Nur Fadhilah/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)
Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan sejumlah sistem canggih untuk memfasilitasi perjalanan jamaah haji dari seluruh dunia. Pemerintah setempat ingin memastikan mereka mendapatkan pelayanan yang memudahkan.

 

Seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (20/6), salah satu sistem tersebut berupa integrasi e-track untuk jamaah haji. Sistem itu berlaku untuk penginapan, transportasi, dan katering hingga keberangkatan mereka.

Baca Juga

Sistem e-track untuk jamaah domestik bermanfaat untuk memantau berbagai program layanan yang ditawarkan perusahaan. Pihak kementerian mengungkapkan, sistem itu memberikan kepada jamaah pilihan paket haji yang cocok. Selain itu, setiap jamaah juga dimungkinkan untuk meninjau berbagai layanan dari perusahaan dan agen.

Melalui e-portal, Kementerian mengawasi layanan-layanan ini secara langsung, terutama yang berhubungan dengan kelompok besar.

Pada 29 Mei lalu, Raja Salman bin Abdulaziz meluncurkan program layanan “Para Tamu Allah” yang selaras dengan Visi Arab Saudi 2030. Program itu tidak kurang dari 130 inisiatif yang disiapkan pada lebih dari 30 lembaga pemerintah. Program itu akan memiliki tiga tujuan strategis, yakni memfasilitasi lebih banyak jamaah haji dan akses menuju Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi; memberikan layanan berkualitas untuk jemaah haji dan umrah; dan memperkaya pengalaman agama dan budaya Arab Saudi kepada mereka.

Pengawas umum platform elektronik untuk Haji dan Umra, Abdulrahman Shams mengungkapkan portal pendaftaran akan memberikan akses daring non-Saudi untuk memilih paket layanan yang berbeda dan mengajukan visa.

“Saat ini, calon jamaah yang datang dari luar Kerajaan, terikat dengan perusahaan dan agen penyedia layanan haji dan umrah di negara mereka. Visa elektronik sekarang akan dikeluarkan untuk entitas ini yang akan dilisensikan untuk memfasilitasi haji dan umrah di negara-negara itu,” kata Shams.

Selain musim haji yang akan datang, Arab Saudi terus menerima sejumlah besar jamaah umrah. Menurut kementerian, jumlah visa umrah yang dikeluarkan hingga 23 Mei 2019 sebanyak 7.463.259 lembar.

 
Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 04:31 11:52 15:04 17:53 19:01