Senin 17 Jun 2019 22:26 WIB

Emil Wacanakan Tahun Depan Gratiskan SPP SMA/SMK di Jabar

Pemprov Jabar sudah menghitung kebutuhan anggarannya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jawa Barat, mewacanakan mulai tahun depan akan menggratiskan SPP SMA dan SMK di Jabar. Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, ia sudah membahas terkait rencana menggratiskan SPP SMA/SMK di Jabar.

"Tadi sudah dibahas Insya Allah saya sebagai Gubernur sedang merencanakan tahun depan jika tak ada halangan SMP dan SMA/SMK SPP-nya gratis. Insya Allah," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan Senin petang (17/6).

Baca Juga

Menurut Emil, Pemprov Jabar sudah menghitung kebutuhan anggarannya. "Kalau tidak ada halangan maka SPP SMA/SMK gratis tahun depan," tegasnya.

Saat ditanya tentang masyarakat yang menyerbu Insta Gram (IG), Emil mengatakan sebenarnya sederhana. Biasanya, dari pengalaman lima tahun orang tua yang mengurus PPDB itu cenderung emosi. Karena, sudah urusan pendidikan anaknya.

"Dan saya amati 80 persen emosinya itu datang dari informasi yang tidak dipahami. Bukan karena menemukan kecurangan secara faktual, rata-rata jawabannya itu dia tidak membaca, belum paham tentang aturan," paparnya.

Padahal, kata dia, ia sudah melakukan sosialisasinya tidak hanya di media tapi di kelas. "Jadi sosialisasi PPDB dari kita itu di SMP mengundang para orangtua anak kelas 3," katanya

Emil mengatakan, PPDB di Jabar tahun ini istimewa karena Pemprov Jabar sudah menambahi 19 ribu kursi baru. "Itu juga diprotes oleh (sekolah) swasta. Padahal ini tidak akan mengubah terlalu banyak," kata Emil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement