Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Warga Diminta Tetap Waspadai Gunung Sinabung

Rabu 12 Jun 2019 10:48 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Teguh Firmansyah

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Minggu (9/6/2019).

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Minggu (9/6/2019).

Foto: Antara/Sastrawan Ginting
Status Gunung Sinabung masih dalam keadaan siaga.

REPUBLIKA.CO.ID, TANA KARO -- Kepala BPBD Tana Karo, Martin Sitepu mengatakan status Gunung Sinabung masih siaga. Tapi masyarakat dari lima desa yakni Desa Tiga Pancur, Jeraya, Pintu Besi, Kuta Tengah, dan Kuta Guguh sudah diizinkan pulang ke rumah masing-masing setelah mengungsi beberapa hari.

"Sekarang statusnya masih siaga. Naik turun status itu hal yang biasa. Masyarakat sudah dibolehkan pulang asalkan tidak masuk ke zona terlarang," kata Martin, Rabu (12/6).

Martin menyebut dari lima desa tersebut masyarakat yang sudah kembali ke rumah masing-masing itu sebanyak lebih kurang 1.070 kepala keluarga.

Pihak BPBD, menurut Martin sedang berupaya mencarikan dana untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat muntahan abu vulkanik hasil erupsi Gunung Sinabung pada Ahad (9/6) lalu.

Batas zona merah hingga saat ini adalah di luar radius 5 kilometer. Sudah turun dari awal yakni mencapai 7 kilometer. Demi keelamatan warga, BPBD mengimbau agar tidak mendekati zona merah.

Secara keseluruhan, peristiwa erupsi Gunung Sinabung akhir pekan kemarin menurut Martin masih dalam keadaan normal. Masyarakat kata dia tidak perlu terlalu khawatir kembali ke rumah masing-masing.

Namun, masyarakat perlu tetap waspada dan memantikan informasi dari pihak pemerintah yakni seperti BPBD, Mitigasi Gunung Api PVMBG. "Masyarakat diharapkan selalu indahkan imbauan kami. Sayangilah nyawa," ucap Martin.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA