Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Sensasi Berkemah di Taman Wisata Alam Gn Papandayan

Jumat 07 Jun 2019 07:30 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Kawah Gunung Papandayan

Kawah Gunung Papandayan

Foto: ANTARA
Libur Lebaran, banyak wisatawan yang memilih berkemah di Taman Wisata Gn Papandayan.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sejumlah wisatawan menikmati libur Lebaran dengan berkemah di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat sambil menikmati pemandangan tebing bekas letusan gunung dan juga fasilitas pemandian air hangat alami. Selama dua hari libur Lebaran tercatat sudah dua ribuan orang yang datang dari berbagai daerah ke daerah wisata tersebut.

"Sekarang wisatawan banyak yang menikmati buper (bumi perkemahan) dan juga kolam rendam air hangat," kata Manajer Operasional PT Alam Indah Lestari pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Dedi Sitepu, di Papandayan, Kamis.

Selain ingin menikmati keindahan alam kawah Gunung Papandayan, menurut Dedi, wisatawan juga ingin merasakan sensasi bermalam dengan memasang tenda di bumi perkemahan yang sudah disiapkan. Bumi perkemahan tersebut lokasinya berada di kawasan rumah cottage dan taman edelweis yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk memanjakan wisatawan.

"Jadi pengunjung bisa berkemah, kami siapkan penyewaan tenda yang nyaman, kapasitasnya bisa mencapai 100 tenda," katanya.

Selama ini, menurut Dedi, wisatawan yang ingin berkemah menikmati suasana alam dan melihat taman edelweis harus berjalan kaki ke Pondok Saladah dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam.

"Sekarang mereka yang ingin berkemah atau ingin melihat pohon edelweis tidak perlu jauh-jauh ke hutan, bisa di sini," kata Dedi.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan cukup membayar tiket sebesar Rp 30 ribu per orang. Sedangkan untuk menikmati pemandian air hangat alami Rp2 5 ribu orang dewasa dan Rp 15 ribu anak-anak.

Sedangkan wisatawan yang ingin berkemah dan tidak membawa tenda cukup membayar Rp3 00 ribu untuk kapasitas empat orang dengan fasilitas matras dan sleeping bag.

"Tiket masuk ke Gunung Papandayan tetap tidak ada kenaikan meskipun libur, yaitu Rp 30 ribu," ujarnya.

Dedi mengungkapkan pengunjung bisa menikmati banyak spot menarik di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Wisatawan dapat menikmati keindahan tebing gunung, kawah, dan kawasan hutan mati bekas erupsi.

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan perjalanan menyusuri hutan untuk menuju bumi perkemahan di tengah hutan dan taman edelweis. Wisawatan juga dapat menikmati keindahan gunung dari ketinggian di Menara Pandang, selanjutnya pengunjung juga bisa menikmati keindahan Kolam Cikaramat yang bagus untuk berfoto.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA