Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Cerita Idul Fitri Hari Pertama Keluarga Dude Herlino

Rabu 05 Jun 2019 17:43 WIB

Red: Christiyaningsih

Dude Herlino

Dude Herlino

Foto: IG Dude Herlino
Keluarga Dude Herlino selalu hidangkan masakan Minang setiap Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidangan khas Minang sudah menjadi ciri khas di atas meja makan Dude Harlino pada Idul Fitri. Ketupat disandingkan dengan rendang buatan sang ibunda. Tapi, ada sentuhan masakan Jawa di sana yakni opor ayam.

"Kalau opor ini dari aku," ujar Alyssa Soebandono, istri Dude, di rumahnya usai shalat Idul Fitri di Jakarta, Rabu (5/6). Aktris yang kampung halamannya di Malang itu mengatakan suaminya memang menyukai segala hidangan Minang.

Mengingat kesibukan keduanya yang harus syuting hingga beberapa hari jelang Idul Fitri, rencana Icha, nama panggilan Alyssa, untuk membuat kue-kue Lebaran jadi buyar. Itu juga yang jadi alasannya tidak memasak pada Lebaran kali ini.

"Makanan ibu memang enak, tapi Icha pelan-pelan juga mulai belajar masak. Banyak yang dia bisa, tapi karena syuting jadi tidak masak," kata Dude. Ia menyebut rendang, cupcake, dan sup jamur sebagai masakan andalan istri.

Masakan-masakan lezat khas Lebaran memang nikmat. Tapi, Dude berusaha untuk tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak makanan itu demi kesehatan. Apalagi pekerjaannya yang mengharuskan ia tampil di depan kamera mengharuskannya tampil prima setiap saat.

Jika bobot badannya bertambah, perubahan itu akan terlihat jelas di depan kamera. Dude mengaku hanya boleh kalap selama dua hari Lebaran.

"Hari ketiga diatur makanannya jangan yang terlalu berlemak," ujar Dude yang mewajibkan ada buah atau sayur sebagai penyeimbang nutrisi.

Pada Lebaran 2019, Dude dan Alyssa hanya menikmati suasana Idul Fitri di ibu kota tanpa mudik. Tahun ini mereka tak mudik karena disibukkan dengan syuting sinetron.

Setelah menikmati hidangan usai salat Ied bersama keluarga terdekat, Dude bersama Alyssa dan dua anak mereka bertandang ke rumah saudara-saudara di Jakarta.

"Hari ini kami ke keluarga mama yang paling tua di daerah sini juga. Setelah itu, kami akan ke adik Icha di Pondok Labu. Paling besok jalan lagi," ujar Dude. Dirinya sengaja tidak mau mengunjungi terlalu banyak tempat dalam sehari karena mempertimbangkan stamina dua putranya yang masih kecil.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA