Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

1.400 Warga Binaan Lapas Cipinang Dapat Remisi Idul Fitri

Rabu 05 Jun 2019 11:04 WIB

Rep: M Riza Wahyu Pratama/ Red: Hasanul Rizqa

Pemberian remisi (ilustrasi)

Pemberian remisi (ilustrasi)

Foto: Antara
Remisi Idul Fitri, 19 orang di antaranya memeroleh bebas langsung dari Lapas Cipinang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Idul Fitri menjadi momen bagi sebagian warga binaan untuk memeroleh pengurangan masa tahanan. Kepala Lembaga Pemasyarakat (kalapas) Kelas I Cipinang Hendra Eka Putra mengatakan, sebanyak 1.400 orang warga binaan mendapatkan remisi dalam rangka perayaan Idul Fitri. Dari jumlah tersebut, 19 orang di antaranya mendapatkan bebas langsung.

"Kalau jumlah semua warga binaan di sini ada 4.150 orang," kata Hendra kepada Republika.co.id, Rabu (5/6).

Baca Juga

Kemudian, ia menjelaskan, selain memberikan remisi saat Hari Raya Idul Fitri. Lapas Cipinang juga mempersilakan keluarga warga binaan untuk berkunjung. Lapas Cipinang memberikan kelonggaran kunjungan pada 5-7 Mei 2019.

"Keluarga bebas berkunjung selama tiga hari kedepan dari pagi sampai sore," tutur Hendra.

Selanjutnya, dia menjelaskan, masing-masing keluarga diberikan jatah waktu 30 menit untuk bertemu. "Soalnya harus ganti-gantian dengan sekitar 4.000 warga binaan," ujarnya.

Hendra menegaskan, lapas kelas I Cipinang telah menerapkan aturan bebas pungli. Sehingga segala pelayanan lapas tidak dipungut biaya. "Mulai dari parkir, berkunjung, serta remisi. Semuanya diberikan secara gratis," katanya.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Fitri untuk bersilaturahmi dengan warga binaan. Selain itu, dengan remisi tersebut semoga warga binaan dapat segera bebas dan berkumpul kembali bersama keluarga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA