Menhub Prediksi Puncak Mudik Hari Ini

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

 Jumat 31 May 2019 03:04 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri Puan Maharani meninjau jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (29/5). Foto: Republika/umar Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri Puan Maharani meninjau jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (29/5).

Menhub berharap kepadatan saat mudik merata karena waktu mudikyang lebih panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik akan terjadi hari ini, Jumat (31/5). Meskipun begitu, Budi mengatakan belum bisa memastikan berapa banyak jumlah pemudik saat puncaknya itu.

“Tapi dengan antusiasme masyarakat yang baru kita perkirakan baru besok (Jumat) puncak mudik, hari ini sudah mencapai suatu puncak,” kata Budi di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019, Kamis (30/5) lalu.

Budi mengharapkan kepadatan saat puncak mudik nantinya relatif merata. Sebab, kata dia, waktu mudik pada Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah relatif panjang dari 30 Mei sampai dengan tanggal 4 Juni 2019.

Sementara itu, Budi mengatakan pada 30 Mei 2019 (H-6 Lebaran) telah terjadi kenaikkan jumlah pemudik signifikan. “Ini ditandai dengan jumlah pemudik di Cikarut yang terpantau padat,” tutur Budi.

Berdasarkan laporan pada H-6 lebaran, rata-rata kenaikkan setiap tahunnya yaitu empat sampai tujuh persen. Hal tersebut ditambah dengan adanya infrastruktur yang bagus seperti jalan tol dari Merak sampai Probolinggo maka minat pemudik itu makin banyak.

Budi juga menilai, penerapan kebijakan satu arah sangat efektif untuk mengurangi kepadatan arus mudik. Menurutnya, kebijakan tersebut juga bersifat dinamis menyesuaikan kondisi kepadatan lalu lintas.

“Satu arah yang semula dilakukan pukul 09.00 WIB dimajukan menjadi pukul 08.00 WIB dan itu sangat efektif sehingga pukul 10.00 WIB itu sudah cair semuanya,” jelas Budi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X