Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Pengacara: Penetapan Kivlan Zen Tersangka Sangat Tendensius

Rabu 29 May 2019 11:31 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah / Red: Andi Nur Aminah

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tidak ada perbuatan mengarah pada tindakan makar yang dilakukan Kivlan Zen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuasa hukum Kivlan Zen, Djuju Purwantoro menilai penetapan tersangka terhadap kliennya sangat sembrono dan tendensius. “Justru tidak jelas tuduhannya itu, menurut kami sembrono dan tendensius,” kata Djuju kepada Republika.co.id, Rabu (29/5).

Dia mengatakan Kivlan hadir memenuhi panggilan sebagai tersangka kasus makar di Bareskrim Mabes Polri, hari ini. Djuju mempertanyakan alasan penetapan tersangka kliennya itu.

Sebab, dia menjelaskan apabila merujuk pada definisi makar sesuai Pasal 107 KUHP, 110 KUHP, maka tudingan terhadap kliennya tidak sesuai. Definisi makar dengan jelas dan tegas diatur dalam Pasal 107 KUHP. Misalnya ada persiapan mengarah ke makar dalam upaya penggulingan kekuasaan suatu pemerintahan, ada persiapan dalam hal persenjataan dan penyiapan pasukan, ada rapat-rapat ke arah makar.

Baca Juga

Djuju menegaskan tidak ada perbuatan mengarah pada tindakan makar yang dilakukan kliennya itu. “Jadi, beliau itu selama ini hanya sebagai narasumber dalam suatu pembicaraan dan pertemuan. Jadi terlalu sembrono dan tendensius,” ujar Djuju.

Mayjen (Purn) Kivlan Zen hadir memenuhi panggilan pemeriksaan pertama sebagai tersangka kasus makar di Mabes Polri. Ini merupakan pemeriksaan kedua, setelah sebelumnya Kivlan hadir sebagai saksi. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA