Buka Bazar, Pemprov Siapkan 1.500 Voucer

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda

 Senin 27 May 2019 15:48 WIB

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit membuka Bazar Ramadhan dan Sembako Murah di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Senin (27/5) Foto: dok. Humas Pemprov Sumbar Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit membuka Bazar Ramadhan dan Sembako Murah di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Senin (27/5)

Subsidi untuk sembako diadakan untuk membantu masyarakat mendapat harga murah.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit, hari ini Senin (27/5), membuka Bazar Ramadhan dan sembako murah di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumbar. Dinas Koperasi dan UKM Sumbar mengadakan Bazar Ramadhan dan sembako murah ini untuk membantu masyarakat yang memiliki penghasilan rendah di dalam persiapan menyambut hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Subsidi untuk sembako ini diadakan untuk membantu masyarakat menikmati harga yang lebih murah dari pasaran. Sehingga, masyarakat bisa mengirit belanjaan menjelang lebaran," kata Nasrul.

Pada bazar dan sembako murah ini, Pemprov Sumbar menyediakan 1.500 voucer belanja. Caranya pengunjung bisa mendaftar ke panitia bazar dan sembako murah untuk mendapatkan voucer. Voucer belanja tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan bahan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, ayam potong, telur ayam, dan cabe dengan harga yang murah. Besaran subsidinya sebesar Rp 5.000 sampai dengan Rp 10 ribu tergantung komoditi.

Nasrul menyampaikan menyambut bulan suci ramadhan dan Idul Fitri 1440 H ini, perkembangan harga kebutuhan pokok cenderung meningkat. Pemprov menggiatkan pelaksanaan bazar dan pasar murah selama Ramadhan ini supaya angka inflasi di Sumbar dapat terkendali.

"Kegiatan ini, bisa untuk mengendalikan inflansi yang biasanya bulan ramadhan sering meningkat, inilah yang perlu kita jaga, jangan sampai terjadi terus menerus, hingga lebaran nanti," ucap Nasrul .

Selain itu tambah mantan Bupati Kabupaten Pesisir Selatan itu Bazar Ramadhan dan sembako murah dapat memberikan tempat bagi pelaku UMKM di Sumbar untuk mengenalkan dan menjual produknya.

Bazar Ramadhan dan sembako murah ini akan mulai diadakan selama empat hari mulai pada Senin (27/5) sampai Kamis (30/5) di lapangan parkir Dinas Koperasi Dan UKM di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang.

Baca Juga

Bazar Ramadhan yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM Sumatra Barat  bekerja sama dengan PT Semen Padang,  PT Bank Nagari Sumbar, PT Jasa Raharja, PT PNM Padang, PT Pos Wilayah Sumbar, Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Padang yang telah berkomitmen membantu menyediakan kebutuhan masyarakat dengan harga relatif murah dan terjangkau. 

Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar yang bekerjasama dengan stakeholder tersebut  memberikan bantuan sebanyak Rp 40 juta untuk subsidi kepada para pedagang. Pedagang yang turut serta membuka lapak dagangan di Bazar Ramadhan sembako murah di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Sumbar ada sebanyak 150 penggerak UMKM yang berasal dari Kabupaten Kota se-Sumbar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X