Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Gubernur Sebut Jadi Tuan Rumah MotoGP Untungkan NTB

Senin 27 May 2019 14:46 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Esthi Maharani

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika. Foto areal ruas jalan gerbang barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (24/2/2019).

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika. Foto areal ruas jalan gerbang barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (24/2/2019).

Foto: Antara/Ahmad Subaidi
pembangunan sirkuit MotoGP akan rampung pada 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan NTB cukup diuntungkan dengan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Pasalnya, kata Zul, sejumlah infrastruktur besar seperti pengembangan fasilitas Bandara Internasional Lombok (BIL), jalan bebas hambatan atau bypass dari BIL ke kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, hingga rumah sakit internasional akan segara dibangun. Zul menyampaikan pembangunan sirkuit MotoGP akan rampung pada 2020.

"Jadi bintang balapan yang sering kita lihat di TV seperti Lorenzo, Marques, dan Rossi akan hadir di NTB," ujar Zul saat safari ramadhan di Kabupaten Sumbawa, NTB, Ahad (26/5).

 Zul menjelaskan pembangunan infrastruktur di Pulau Lombok itu seluruhnya mendapat dukungan anggaran dari pemerintah pusat. Dengan demikian, anggaran yang ada di APBD Provinsi NTB akan dialokasikan untuk pembangunan dan pembenahan infrastruktur di Pulau Sumbawa.

"Jadi, Pulau Sumbawa enggak usah iri dengan Pulau Lombok, yang tadinya dana untuk Pulau Lombok bisa kita alokasikan ke Pulau Sumbawa," kata Zul.

Zul menambahkan keuntungan lain yang diperoleh masyarakat NTB saat menjadi tuan rumah MotoGP ialah meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTB. Zul meyakini ratusan ribu wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik akan memenuhi tempat-tempat wisata di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

"Dengan hadirnya wisatawan ke NTB itu akan berdampak luas bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk akan menyerap banyak tenaga kerja sehingga pengangguran dapat diturunkan dengan luasnya lapangan kerja yang disediakan," ucap Zul.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA