Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Lima Makanan yang tidak Boleh Disimpan di Freezer

Sabtu 25 May 2019 13:08 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih

Menyimpan makanan di freezer.

Menyimpan makanan di freezer.

Foto: Flickr
Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan disimpan dalam freezer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Freezer bisa menjadi alat yang diandalkan untuk mengawetkan makanan dan minuman lebih lama. Tetapi ternyata ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan disimpan dalam freezer.

Jika disimpan di freezer, kualitas dan cita rasa makanan justru akan menurun. Berikut lima makanan yang tidak boleh disimpan di freezer seperti dikutip dari The Daily Meal.
 
1. Susu

Jika memiliki stok susu yang banyak, jangan sesekali simpan susu di freezer. Alih-alih membuat lebih awet, susu malah akan mengalami perubahan rasa dan warna jika disimpan di freezer.

Karena itu, susu cukup disimpan di suhu dingin kulkas bukan di freezer. Bahkan ada beberapa orang yang menambahkan es batu untuk membuat susu terasa lebih dingin dan segar.

2. Sayuran hijau berdaun

Segala jenis sayuran atau buah berwarna hijau dan berdaun dianjurkan tidak disimpan di dalam freezer kulkas. Sayuran berwarna hijau mengandung banyak air. Ketika disimpan di freezer, air akan mengembang dan menghancurkan sel yang mempertahankan daun. Artinya, sayuran segar akan lepek, basah, dan tidak segar lagi.

3. Telur

Suhu beku dalam freezer akan membuat kadar air dalam telur meningkat. Kondisi ini akan memicu cangkang telur retak dan telur bisa pecah.

4. Kentang

Kentang mentah mengandung jumlah air yang sangat banyak. Karena itu jika kentang dibekukan dalam freezer maka konsistensi kentang berubah secara permanen. Setelah kentang dicairkan, kentang akan menghasilkan tekstur yang lembek, berlendir, dan cita rasanya pun tidak terlalu enak.

5. Mayones

Ketika mayones disimpan di freezer, teksturnya akan berubah dari tekstur krim menjadi menggumpal. Karenanya cukup simpan mayones di kulkas saja.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA