Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

KCI Kerahkan Ribuan Personel Amankan 80 Stasiun

Jumat 24 May 2019 18:35 WIB

Red: Friska Yolanda

Petugas memantau arus mudik melalui layar cctv di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (29/6).

Petugas memantau arus mudik melalui layar cctv di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (29/6).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
KCI menyiapkan 28 pos kesehatan dan 96 tenaga medis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Commuter Indonesia mengerahkan sebanyak 4.142 personel keamanan selama masa Angkutan Lebaran 2019. Ribuan personel ini ditempatkan di 80 stasiun.

"Untuk mendukung keamanan PT KCI juga menyiapkan 4.142 personil keamanan siap melayani dan mengamankan para pengguna jasa di 80 stasiun," kata Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/5).

Di sejumlah stasiun padat penumpang, PT KCI menurunkan seluruh karyawannya untuk ditugaskan secara bergantian mengikuti Posko Angkutan Lebaran yang dimulai pada tanggal 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019. Hal ini dilakukan guna membantu pelayanan di stasiun sehingga apabila terjadi kepadatan di stasiun, petugas di lapangan dapat langsung mengatur alur penumpang.

PT KCI menyiapkan 28 Pos kesehatan dan 96 tenaga paramedis, PT KCI juga telah menyiapkan ambulance dan, serta masing-masing 35 unit kursi roda dan tandu di setiap poskes. Untuk mendukung layanan kesehatan dan pertolongan pertama, PT KCI juga telah bekerja sama dengan sejumlah puskesmas yang terdekat dari Stasiun.

Wiwik mengatakan pihaknya menyiapkan 236 unit vending machine, 196 loket manual dan 28 loket portable yang akan difungsikan di stasiun-stasiun. Loket ini ditempatkan di stasiun yang berpotensi terjadi kenaikan jumlah penumpang antara lain Stasiun Bogor lima unit, Stasiun Citayam tiga unit, Stasiun Bojong Gede satu unit, Stasiun Depok satu unit, Stasiun Depok Baru dua unit, Stasiun Lenteng Agung satu unit, Stasiun Pasar Minggu dua unit, Stasiun Manggarai satu unit, Stasiun Juanda dua unit, Stasiun Jakarta Kota empat unit, Stasiun Kemayoran satu unit, Stasiun Bekasi dua unit, dan Stasiun Rangkasbitung tiga unit.

"Diharapkan melalui penambahan fasilitas dan pelayanan ini antrian bisa diatasi terutama membantu pelanggan musiman yang akan memanfaatkan waktu liburan menggunakan Jasa KRL," katanya.

Selain itu, bagi para ibu yang sedang bepergian dan masih menyusui anaknya, KCI menyiapkan 11 ruang menyusui portable di beberapa stasiun. Stasiun yang menyediakan ruang menyusui di antaranya Stasiun Bojong Gede, Stasiun Citayam, Stasiun Tebet, Stasiun Sudirman, Stasiun Depok, Stasiun Tangerang, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang. Khusus Stasiun Bogor, KCI menyiapkan dua unit ruang menyusui.

Demi kenyamanan bagi penumpang, PT KCI juga menambah 12 toilet portable yang akan difungsikan di Stasiun Manggarai tiga unit, Stasiun Sudirman dua unit, Stasiun Lenteng Agung lima unit, Stasiun Citayam satu unit, dan Stasiun Rawa Buntu satu unit.

Tahun ini, Wiwik menambahkan, untuk memaksilkan pelayanan perseroan juga bekerja sama dengan Komunitas Pencinta KRL untuk ambil bagian dalam membantu KCI melayani pelanggan selama masa Posko Angkutan Lebaran melalui Customer Service Mobile (CSM). "Mereka akan disebar di Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Duri, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Rangkasbitung," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA