Dishub Cilacap Dirikan 10 Posko di Terminal dan Dermaga

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

 Ahad 19 May 2019 18:39 WIB

Posko medis saat mudik (ilustrasi). Foto: Republika/Iman Firmansyah Posko medis saat mudik (ilustrasi).

Ada sebanyak 1.013 angkutan darat, laut, dan udara di musim musim tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Perhubungan setempat, akan mendirikan 10 posko di terminal dan sermaga yang ada di wilayahnya. Posko tersebut, antara lain berada di Terminal Majenang, Terminal Sidareja, Terminal Karangpucung, Terminal Kawunganten, Terminal Sampang, Terminal Cilacap dan Terminal Adipala.

''Selain itu, kita juga mendirikan posko di dermaga penyeberangan masyarakat. Yakni, di Dermaga Penyebrangan Prenca, Dermaga Sleko, serta Kantor Dishub,'' kata Kepala Dinas Perhubungan Tulus Wibowo, Sabtu (18/5).

Sedangkan personil yang akan disiapkan, menurut Tulus, yang bertugas di posko berasal dari berbagai instansi. Selain dari Dishub, juga ada berasal dari unsur kepolisian, TNI, dan unsur relawan lainnya.

''Dari dishub sendiri, ada sekitar 100 orang yang bertugas. Dari jumlah itu, yang bertugas di posko terminal ada sebanyak 53 orang, posko dermaga 24 orang, dan patroli mobil keliling empat personel,'' katanya.

Mengenai angkutan lebaran, Tulus menyebutkan seluruhnya ada sebanyak 1.013 angkutan  darat, laut, dan udara. ''Pada angkutan tersebut,  akan dicek kelaikan dan kelengkapan suratnya. Sedangkan pada awak kendaraan, akandicek kesehatannya untuk memastikan keselamatan penumpang,'' ucap dia.

Selain angkutan umum, Tulus juga menyatakan, pada masa mudik lebaran ini pihaknya menyiapkan dua unit armada bus wisata untuk angkutan gratis warga Cilacap yang mudik dari Jakarta. Mereka yang bisa memanfaatkan mudik gratis Pemkab Cilacap ini, antara lain wajib memiliki KTP elektronik Cilacap dan mendaftarkan diri ke Paguyuban Warga Cilacap di Jakarta.

''Kami menyesuaikan dengan anggaran Pemkab Cilacap. Memang tidak menjangkau semuanya, tapi paling tidak bisa membantu sebagian pemudik,'' ucap dia.
n eko widiyatno

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X