Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Muhammadiyah Magelang Dorong Warganya Perkuat Amal Usaha

Selasa 14 May 2019 03:29 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Logo Muhammadiyah.

Logo Muhammadiyah.

Foto: Antara
Penguatan amal usaha wujud peran keumatan dan kebangsaan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG— Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang mendorong warga Muhammadiyah memperkuat amal usaha di daerah masing-masing sebagai wujud peran keumatan dan kebangsaan.

"Penting untuk memperkuat keberadaan amal usaha sebagai wujud nyata peran-peran keumatan dan kebangsaan yang dilakukan Muhammadiyah," kata Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jumari, dalam keterangan tertulis di Magelang, Senin (13/5).

Baca Juga

Dia mengharapkan setiap Pimpinan Cabang Muhammadiyah di tingkat kecamatan di Kabupaten Magelang memiliki amal usaha dalam bidang ekonomi sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

Amal usaha Muhammadiyah di berbagai tempat di daerah itu, katanya, saat tarhim di Masjid Al-Huda Desa Madukoro, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, belum lama ini, antara lain dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Sejumlah amal usaha yang dilaksanakan Muhammadiyah di Kabupaten Magelang, antara lain persekolahan, panti asuhan yatim piatu, pelayanan kesehatan, beberapa toko dan kegiatan industri seperti pabrik kayu di Desa Keji, Kecamatan Muntilan.

Dia juga menjelaskan tentang pentingnya umat membina hubungan yang harmonis dalam kehidupan keluarga agar tetap kuat dan sakinah.

"Keluarga yang kuat sekaligus sakinah akan mewujudkan kehidupan umat dan bangsa menjadi kokoh, yang akan memberikan sumbangan dan pengaruh yang positif bagi upaya pembangunan karakter," katanya.

Dia menekankan pentingnya meningkatkan gerakan jamaah dan dakwah jamaah, apalagi pada Ramadhan ini.

Terkait dengan kegiatan selama bulan puasa, PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang, antara lain melaksanakan tarawih dan silaturahim Ramadhan 1440 Hijriyah.

Dia menjelaskan tarawih dan silaturahim itu menjadi media sosialisasi kebijakan dan program kerja organisasi, terutama terkait dengan hasil Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) Ke-3 Muhammadiyah Kabupaten, beberapa waktu yang lalu, kepada pimpinan cabang dan ranting Muhammadiyah serta para jamaah.

Sekretaris PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Muhammad Nasirudin, mengatakan tarhim perdana pada Ahad (12/5) dilaksanakan di lima kecamatan, yakni Kajoran, Salaman, Kaliangkrik, Bandongan, dan Grabag.

Tarhim berikutnya, kata dia, pada Ahad (19/5) di Secang, Windusari, Mertoyudan, Candimulyo, dan Sawangan, pada Ahad (26/5) di Mungkid, Borobudur, Tempuran, Pakis, dan Tegalrejo, sedangkan tahap akhir pada Ahad (2/6) di Muntilan, Ngluwar, Srumbung, Salam, dan Dukun.

Dia mengatakan agenda tarhim yang diikuti segenap pimpinan daerah, unsur pembantu pimpinan, yakni majelis/lembaga, dan organisasi otonom itu, meliputi shalat tarawih berjamaah, pengajian, taaruf, dan sosialisasi kebijakan serta program kerja organisasi.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA