Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Bisakah Wisata Halal Membangun Industri Pariwisata Global?

Sabtu 11 May 2019 04:19 WIB

Red: Elba Damhuri

Taufan Rahmadi

Foto:
Wisata halal Indonesia dan global terus berkembang di mana peminatnya terus tumbuh.

Pariwisata Halal Indonesia

Indonesia telah menorehkan prestasi dalam pariwisata halal dengan berhasil meraih peringkat pertama untuk wisata halal dunia versi Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index 2019.

Prestasi ini sendiri tidak terlepas dari munculnya tantangan-tantangan dilapangan, seperti  banyaknya destinasi pariwisata di Indonesia yang masih perlu untuk terus dibenahi dan di tingkatkan kualitas layanannya.

Sebut saja tentang diversifikasi paket  perjalanan halal, paket  yang ditawarkan masih terbatas dan kurang variatif. Juga, kesiapan layanan di destinasi yang  masih belum sesuai sertifikasi, standardisasi toilet dan restauran halal adalah salah satu contohnya.

Yang tidak kalah pentingnya dan membutuhkan perhatian serius dari pemerintah  adalah masih banyaknya kesalahan pemahaman  terkait  wisata halal yang terjadi di para pelaku industri pariwisata dan masyarakat, sehingga tidak jarang terjadi kegaduhan dan resistensi terhadap wisata halal ini. Oleh karena itu perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat guna meluruskan pengertian tentang pariwisata halal ini.

Pada akhirnya, terlepas dari segala tantangan yang telah dijelaskan di atas, meraih ceruk pasar wisatawan Muslim dengan membangun pariwisata halal di Indonesia dapat menjadikan pariwisata kita mampu untuk beradaptasi dalam persaingan pariwisata global. Dengan begitu,target untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan nomor satu penghasil devisa bagi Indonesia bukanlah sekedar impian.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA