Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

KPU Belum Bisa Selesaikan Rekapitulasi Pemilu Luar Negeri

Jumat 10 May 2019 13:00 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil

Komisioner KPU, Viryan Aziz

Komisioner KPU, Viryan Aziz

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
KPU menunda penetapan hasil pemilu di Kuala Lumpur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU), belum menyelesaikan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di luar negeri. KPU baru menyelesaikan rekapitulasi hasil pemilu luar negeri dari 129 wilayah kerja Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (PPLN).

Hasil tersebut berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di luar negeri yang digelar sejak Sabtu (4/5) hingga Kamis (9/5). Sebagaimana diketahui,  secara keseluruhan Pemilu 2019 di luar negeri digelar di 130 PPLN. 

Satu PPLN yang hasil pemilunya belum ditetapkan yakni PPLN Kuala Lumpur (Malaysia). Menurut Komisioner KPU, Viryan, pihaknya memang menunda penetapan hasil pemilu di Kuala Lumpur. 

Penyebabnya,  PPLN Kuala Lumpur masih akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) pemilu untuk metode pos.  Sehingga,  menurut Viryan,  hasil PSU di Kuala Lumpur kemungkinan baru bisa ditetapkan pada 17 Mei mendatang. 

Sementara itu, berdasarkan jadwal rekapitulasi pemilu luar negeri yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) KPU Nomor 771/PL.02.6-SD/01/KPU/IV/2019 menjelaskan pelaksanaan rekapitulasi hasil pemilu luar negeri semestinya digelar selama lima hari, yakni sejak 4-8 Mei. Sehingga, dengan kondisi saat ini, pelaksanaan rekapitulasi hasil pemilu luar negeri tidak bisa selesai sebagaimana jadwal semestinya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA