Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Lima Selebritas Dunia yang Jalankan Puasa

Kamis 09 May 2019 18:17 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Mahershala Ali

Mahershala Ali

Foto: AP
Halima Aden dan Mahershala Ali termasuk selebritas dunia yang menjalankan puasa

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Bulan Ramadhan adalah waktunya umat Islam di seluruh dunia berpuasa selama satu bulan penuh sesuai dengan perintah Alquran. Beberapa selebritas dunia juga menjalankan ibadah ini sebagai bagian dari keyakinan mereka. Berikut lima pesohor dunia yang menjalankan ibadah puasa.

1. Jermaine Jackson.
Penyanyi dan mantan anggota The Jackson 5 masuk Islam pada 1989 setelah perjalanan ke Bahrain. Ia sebelumnya telah berbicara tentang pentingnya puasa bagi keyakinannya. Pada 2013, Jackson mengatakan sangat penting baginya untuk memenuhi kewajiban dalam Islam serta menerima Tuhan dalam hatinya.

“Ini juga waktu yang paling penting karena kami mengorbankan beberapa hal sehari-hari kami dan memikirkan hal-hal yang kurang beruntung,” ujar Jackson seperti dilansir The National.

“Kami berpuasa tetapi kami juga makan iftar setiap hari, sementara orang lain tidak memiliki kemewahan itu. Jadi, Anda memikirkan orang yang tidak beruntung, merenungkannya dan memberikan amal, itu membuat Anda lebih dekat dengan Tuhan,” katanya lagi.

2. Halima Aden
Halima adalah model berdarah Somalia-Amerika. Ia telah bekerja dengan label-label termasuk Max Mara dan Alberta Ferretti, serta menjadi sampul majalah seperti Allure. Halima pertama kali menjadi terkenal pada 2016 setelah mengenakan pakaian Muslim untuk bersaing dalam kontes kecantikan Amerika Serikat (AS).

Perempuan berusia 21 tahun secara teratur berbagi anekdot dari bulan Ramadhan di akun Twitternya. Sebelumnya, ia mengungkapkan banyak tidur ketika puasa.
 
3. Yusuf Islam
Musisi yang sebelumnya dikenal sebagai Cat Stevens ini secara resmi masuk Islam pada 1977. Ia mengatakan bulan suci adalah waktu untuk mengingat berapa berharganya amal dan aspek batiniah puasa.

“Berpuasa dan jauh dari makanan dan minuman adalah pilihan yang kita buat, tetapi sementara begitu banyak orang menderita karena rasa lapar dan perang,” ujar Yusuf Islam. Bagi Yusuf Islam, Ramadhan adalah waktu terbaik untuk bersimpati dan memberikan apa yang bisa dia berikan untuk membantu orang-orang yang tidak mampu.

4. Mahershala Ali
Di keluarga aktor pemenang Oscar ini, ada perbedaan keyakinan antara Ali dengan ibunya. “Ibu saya adalah pendeta yang ditahbiskan, saya seorang Muslim. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya telah bertobat 17 tahun yang lalu. (Meski berbeda keyakinan) kami saling mencintai,” kata Ali.

5. Mohamed Hadid
Ayah dari model Gigi, Bella, dan Anwar Hadid ini mengungkapkan dalam sebuah wawancara 2010 dengan Modern Luxury, bahwa meskipun tidak menganggap dirinya seorang Muslim yang taat, ia tetap berpuasa selama Ramadhan. Hadid memiliki kewarganegaraan Yordania dan Amerika Serikat serta memiliki keturunan Palestina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA