Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Alasan Gerindra Dukung Pembentukan Pansus Pemilu

Kamis 09 May 2019 13:12 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Gerindra menilai ada banyak persoalan pemilu, bukan hanya ratusan petugas meninggal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengungkapkan alasan partainya mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk menginvestigasi berbagai masalah dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Ia menganggap ada banyak persoalan pemilu yang perlu disikapi secara bijak.

"Ini kan pemilu banyak masalah, bukan cuma masalah yang meninggal udah 500-an," kata Riza kepada wartawan, Kamis (9/5).

Ia menjelaskan, pembentukan pansus tersebut bisa diartikan sebagai bentuk keseriusan DPR melihat berbagai persoalan pemilu. Tidak cukup hanya mengartikan bahwa banyaknya petugas KPPS yang meninggal lantaran beban kerja yang berat. 

Baca Juga

"Kalau ada keprihatinan yang mendalam, pansus itu bentuk kesungguhan juga," ujar. 

Ia mengaku Fraksi Gerindra sudah menandatangani usulan tersebut. Saat ini, usulan pansus tersebut masih menunggu sikap dari fraksi lain. "Nggak lama lagi selesai, kan baru kemarin," tuturnya. 

Sebelumnya, anggota fraksi Partai Gerindra Bambang Haryo Sukartono juga mengaku prihatin dengan pelaksanaan pemilu kali ini yang menyebabkan hilangnya ratusan nyawa. Anggota komisi V DPR tersebut juga menyayangkan adanya berbagai laporan kecurangan yang terjadi pada pemilu kali ini.

"Kami tegaskan kami dari Fraksi Gerindra mendukung adanya pembentukan pansus pemilu ini yang kami mohonkan kepada bapak pimpinan segera dibentuk agar kita bisa dan ini tidak secara terus menerus akhirnya anggota dari penyelenggara pemilu ini mengalami kecelakaan yang seperti saat ini," tuturnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA