Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

7 Fakta Angka Menarik dari Kemenangan Tottenham Atas Ajax

Kamis 09 May 2019 09:07 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pemain Tottenham Lucas Moura (kanan) berduel bola dengan pemain Ajax Nicolas Tagliafico di semifinal Liga Champions, di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5).

Pemain Tottenham Lucas Moura (kanan) berduel bola dengan pemain Ajax Nicolas Tagliafico di semifinal Liga Champions, di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5).

Foto: AP
Tottenham berhak lolos ke final Liga Champions untuk berhadapan dengan Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Tottenham Hotspur akhirnya lolos ke final Liga Champions usai menang dramatis 3-2 atas Ajax pada leg kedua smeifinal, Kamis (9/5) dini hari WIB. Kemenangan tersebut membuat Tottenham unggul gol tandang, meski agregat sama kuat 3-3. Tottenham berhak lolos ke final Liga Champions untuk berhadapan dengan Liverpool pada 2 Juni WIB.

Berikut fakta dan data menarik usai laga yang digelar di Johan Cruyff Arena tersebut, dikutip dari Sky Sports:

0

Baca Juga

Ajax tidak pernah menang dalam delapan pertandingan kandang mereka di Liga Champions, dengan imbang empat kali dan kalah empat kali. 

1

Tottenham untuk pertama kalinya mencapai final Liga Champions. Tottenham merupakan debutan final setelah Chelsea pada 2008.

1

Tottenham menjadi tim pertama yang menang setelah tertinggal dua gol di semifinal Liga Champions, sejak Manchester United pada 1999 melawan Juventus.

2

Tottenham menjadi tim kedua dalam sejarah Liga Champions, yang kalah di leg pertama semifinal di kandang, dan lolos ke final. Terakhir kali tim yang melakukan itu adalah Ajax pada 1995/96 melawan Panathinaikos.

3

Final Liga Champions 2019 akan menjadi yang ketiga kalinya dalam sejarah yang mempertemukan dua tim Inggris, setelah Piala UEFA 1972 (Spurs vs Wolves) dan Final Liga Champions 2008 (Man United vs Chelsea).

4

Bek Ajax Matthijs de Ligt menjadi pemain remaja keempat yang mencetak gol di semifinal Liga Champions, setelah Nordin Wooter (1996, Ajax) Obafemi Martins (2003, Inter Milan) dan Kylian Mbappe (2017, Monaco).

40

Tottenham menjadi klub ke-40 yang tampil dalam final Liga Champions.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA