Sri Sultan HB X Ajak Masyarakat Hidup Hemat Selama Puasa

Red: Nashih Nashrullah

 Rabu 08 May 2019 22:31 WIB

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat diwawancara wartawan  di Depan Gedhong Wilis Kepatihan Yogyakarta, Senin (17/12). Foto: Republika/Neni Ridarineni Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat diwawancara wartawan di Depan Gedhong Wilis Kepatihan Yogyakarta, Senin (17/12).

Sri Sultan HB X menilai justru umat boros ketika puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL— Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X mengajak masyarakat hidup sederhana dan berhemat saat bulan puasa, serta menjalankan ibadah dengan baik.

Sultan mengatakan ada kecenderungan saat bulan puasa malah boros, karena membeli berbagai macam lauk. "Seharusnya puasa bisa digunakan untuk mengurangi pengeluaran. Tetapi pada waktu sahur maupun buka puasa tidak usah macam-macam gitu, adanya apa," ajak Sultan saat melakukan kunjungan kerja di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Rabu (8/5).

Baca Juga

Dia mengatakan saat puasa, seringkali masyarakat malah mengeluarkan lebih dibandingkan hari biasa. "Kita ini kalau makan sederhana. Tetapi ada waktu tertentu apa-apa dibeli. Jadi malah puasa bukan menghemat tetapi pengeluarannya lebih besar dari pada rutin," tambahnya.

Menurut Raja Keraton Ngayogyakarta ini, puasa itu merupakan kegiatan keagamaan rutin sehingga bisa dilakukan sebaik-baiknya. "Ya bagi saya biasa saja bagaimana bisa melakukan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya," sebut Sultan.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X