Ahad 28 Apr 2019 16:54 WIB

Penghargaan Internasional Jadi Hadiah di Widuda Amikom Ke-70

Amikom meraih Best Animation di Hollywood International Moving Picture Film Festival.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana ke-70 Universitas Amikom Yogyakarta di Grand Pacific Hall Yogyakarta, Sabtu (27/4).
Foto: republika/wahyu suryana
Wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana ke-70 Universitas Amikom Yogyakarta di Grand Pacific Hall Yogyakarta, Sabtu (27/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Amikom Yogyakarta telah menggelar wisuda diploma, sarjana dan pascasarjana ke-70. Momentum itu semakin istimewa atas penghargaan internasional yang baru saja diraih.

Penghargaan itu merupakan Best Animation Feature di Hollywood International Moving Picture Film Festival. Ini jadi penegas eksistensi Amikom sebagai lokomotif animasi di Indonesia.

Baca Juga

Hal itu menjadi kado manis bagi 581 wisudawan dan wisudawati periode April 2019. Kado yang menambah tegak langkah mereka untuk memasuki dunia kerja, mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

Wisudawan terdiri dari 88 Teknik Informatika Magister, 208 Informatika Sarjana, 165 Sistem Informasi Sarjana, 28 Teknik Informatik D3, dan 28 Management Informatika. Sebanyak 228 orang lulus cumlaude.

Mewakili wisudawan, Imam Chanifudin, mengingatkan ambisi besar untuk menguasai teknologi demi menguasai pasar dunia. Imam turut berpesan, agar apapun yang mereka lakukan tetap memberi manfaat.

"Sebab, orang sukses itu orang yang mampu memberi banyak manfaat kepada banyak orang, memberi dan berbagi, kunci sukses yang paling mujarab," kata Imam, Sabtu (27/4).

Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Sumber Daya LL-Dikti Wilayah V, Tunggul Priyono berpesan, agar Amikom tetap menerapkan biaya perkuliahan yang terjangkau. Bahkan, jangan sampai mahal.

Lalu, ia mendorong program-program studi yang ada agar mendapat akreditasi A. Kalaupun ingin menambah program studi baru, Tunggul berharap Amikom membuka program studi yang belum pernah ada.

Misal, Manajemen Anti Korupsi atau Prodi Anti Korupsi. Mengaku mengenal Amikom sebagai perguruan tinggi pioner, ia merasa Amikom mampu menghadirkan prodi-prodi baru yang belum pernah ada.

Selain itu, ia mengimbau dosen-dosen Amikom segera meningkatkan status menuju Lektor Kepala. Terakhir, ia berpesan kepada wisudawan dan wisudawati agar tidak besar kepala atas status yang diraih hari ini.

"Keberhasilan anda hari ini tidak atas anda sendiri, jangan sombong, ada uluran tangan dosen dan ada uluran tangan orang tua," kata Tunggul.

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Suyanto mengingatkan, wisuda periode April ini memang istimewa. Sebab, tidak cuma wisuda ke-70, Amikom telah pula meraih tidak kurang 70 penghargaan internasional dan 170 penghargaan nasional.

Suyanto turut membagikan pengalaman saat menerima penghargaan di Studio Charlie Chaplin di Hollywood. Bahkan, Suyanto menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan di sana.

"Saat menerima penghargaan, saya sampaikan penghargaan ini saya persembahkan kepada negara saya tercinta Indonesia, universitas saya Amikom, teman-teman di MSV dan keluarga saya" kata Suyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement