Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Miller Doping, Tarung Tinju Kelas Berat Dunia Terancam Batal

Rabu 17 Apr 2019 23:35 WIB

Red: Endro Yuwanto

Anthony Joshua setelah pertarungan lawan Carlos Takam di Cardiff, Wales, Sabtu (28/10).

Anthony Joshua setelah pertarungan lawan Carlos Takam di Cardiff, Wales, Sabtu (28/10).

Foto: EPA/Sean Dempsey
Miller dijadwalkan duel vs juara dunia kelas berat Anthony Joshua pada 1 Juni nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Petinju kelas berat Amerika Serikat (AS) Jarrell Miller positif menggunakan doping setelah secara sukarela ia mengikuti tes doping menjelang pertarungan melawan petinju Inggris Anthony Joshua. Temuan ini bisa menghancurkan jadwal pertemuan Miller dengan juara dunia kelas berat Anthony Joshua pada 1 Juni di New York, AS.

Promotor tinju Eddie Hearn mengaku telah diberi tahu bahwa Miller positif menggunakan zat terlarang oleh Asosiasi Anti-Doping Sukarela (VADA) yang menguji atlet-atlet tinju dan olah raga bela diri.

"Kami diberi tahu oleh VADA bahwa ada temuan berlawanan dalam sampel Jarrell Miller yang dikumpulkan pada 20 Maret 2019," kata Hearn dalam akun Twitter-nya, Rabu (17/4). "Kami berkoordinasi dengan semua pihak terkait dan akan memperbarui segera dengan informasi lebih rinci. Persiapan (pertandingan melawan) AJ (Anthony Joshua) jalan terus sampai 1 Juni."

ESPN melaporkan bahwa Miller positif menggunakan zat terlarang GW1516 yang meningkatkan daya tahan dan membantu atlet membakar lemak.

Promotor Miller lainnya, Dmitriy Salita, mengatakan petinju berusia 30 tahun itu akan terus berlatih, sedangkan timnya akan mencari informasi lebih banyak lagi. "Kami berada pada proses mengumpulkan informasi lebih jauh mengenai temuan VADA dan akan segera membuat pernyataan lebih banyak lagi menyangkut situasi yang terus berkembang ini."

Februari lalu, Miller menuduh Joshua menggunakan Therapeutic Use Exemptions (TUEs) untuk hormon testosteron yang membuatnya berotot. Kubu Joshua membantah tudingan itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA