Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

KPU Klaim Serius Tangani Kasus Suara Tercoblos

Sabtu 13 Apr 2019 18:45 WIB

Rep: Arief Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil

Seorang petugas media melewati toko kosong yang menyimpan surat suara Pemilu 2019 yang diduga sudah dicoblos di Jalan Seksyen 2/11 Kajang Selangor, Jumat (12/4/2019).

Seorang petugas media melewati toko kosong yang menyimpan surat suara Pemilu 2019 yang diduga sudah dicoblos di Jalan Seksyen 2/11 Kajang Selangor, Jumat (12/4/2019).

Foto: Antara/Rafiuddin Abdul Rahman
KPU sudah mengirimkan tim ke Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan pihaknya serius dalam menangani kasus tercoblosnya surat surat di Selangor, Malaysia. KPU mrnyatakan telah melakukan langkah langkah terukur dalam menangani perkara ini.

"Bahwa KPU melihat persoalan ini sebagai persoalan yang serius dan itu ditunjukan sejak munculnya pertama kali (surat suara tercoblos)," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Sultan, Sabtu (13/4).

Arief menyatakan, saat KPU menerima informasi adanya surat suara tercoblos paslon Jokowi-Ma’ruf dan Caleg Nasdem di Malaysia pada Kamis (11/), KPU langsung mengadakan rapat koordinasi dengan Bawaslu. Pada Jumat (12/4) pagi, KPU pun mengirim tim ke Malaysia.

"KPU serius menangani ini itu ditunjukan dengan bagaimana kita menindaklanjuti berita-berita yang ampai kepada kita," ujar dia.

Pernyataan Arief juga sekaligus klarifikasi sebuah berita media siber yang memberikan judul bahwa KPU melihat kasus ini sebagai kasus yang biasa saja. Arief membantah bahwa KPU tidak serius dalam menangani kasus ini, mengingat respons dan reaksi KPU diklaimnya sudah menunjukkan keseriusan KPU.

"Seolah-olah KPU tak menindaklanjuti serius, ini serius bagi kami. itu ditunjukan dengan sikap dan tindakan yang diambil KPU," ujar Arief menegaskan.

Arief menambahkan, terkait perkembangan kasus tersebut, ia akan menunggu laporan dari tim yang bertolak ke Singapura untuk memeriksa langsung kauss tersebut. Ia menjanjikan, KPU akan segera menyampaokan kasus tersebut pada publik.

"Segera, kami kan juga harus pastikan debat berjalan aman lancar, kalau ini bs kita tinggal, bisa jalan lancar, kami segera lakukan rapat hasil pengecekan di Kuala Lumpur," kata Arief menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA