Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Petani Sawit Muba Terbantukan Program Pemerintah Jokowi

Rabu 10 Apr 2019 22:52 WIB

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Didi Purwadi

Dodi Reza Alex Noerdin pada kampanye akbar terbuka capres-cawapres 01 di pelataran lapangan Gelanggang Remaja Sekayu, Rabu (10/4/2019).

Dodi Reza Alex Noerdin pada kampanye akbar terbuka capres-cawapres 01 di pelataran lapangan Gelanggang Remaja Sekayu, Rabu (10/4/2019).

Foto: dok. Istimewa
Saat ini sudah 8 ribu hektar lebih kebun sawit yang dilakukan peremajaan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU -- Puluhan Ribu massa pendukung dan simpatisan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Joko Widodo-Ma'ruf Amin memadati plataran lapangan Gelanggang Remaja Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan, Rabu (10/4). Cuaca panas tak mampu menyurutkan langkah masyarakat Muba untuk menghadiri kampanye pasangan calon (paslon) 01 tersebut.

Ketua Dewan Penasehat Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf di Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, Jokowi telah banyak memberikan sumbangsih dan kontribusi kepada petani sawit dan karet di Muba. Dia mengatakan, program peremajaan kelapa sawit pertama di Indonesia adalah di Muba dan menjadi salah satu kontribusi Jokowi bagi warga setempat guna meningkatkan kualitas dan harga sawit.

Mantan anggota DPR RI dua periode ini menyebutkan, kalau tidak karena upaya peremajaan atau replanting perkebunan sawit milik petani rakyat tersebut bisa dipastikan di Muba akan terjadi penurunan produktifitas kelapa sawit. ''Saat ini sudah 8 ribu hektar lebih kebun sawit yang dilakukan peremajaan. Tahun depan kita targetkan 20 ribu hektar untuk rakyat Muba,'' kata Dodi Reza Alex Noerdin dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (10/4).

Dodi mengatakan, Jokowi tidak hanya mendukung upaya mendongkrak harga jual kelapa sawit. Namun, dia melanjutkan, Jokowi juga tengah gencar meningkatkan harga karet yang sedang anjlok, dengan upaya implementasi pembangunan infrastruktur jalan aspal menggunakan campuran karet.

''Oleh karena itu, jangan sampai kita salah pilih. Kalau Presiden akan berganti, belum tentu program-program tersebut dilanjutkan. Kita satukan tekad 17 April nanti kita coblos nomor 01 untuk pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin,'' katanya.

Ketua Dewan Penasehat Tim Kampanye Daerah (TKD), Alex Noerdin mengatakan, Muba merupakan tempat lahirnya program sekolah dan berobat gratis. Dia mengatakan, kemungkinan hal itu akan dilanjutkan atas dukungan Presiden Jokowi.

"Di Muba pasangan calon presiden nomor 01 telah menang 53 persen, kita tingkatkan lagi jadikan 70 persen dan ini bisa terjadi kalau bapak ibu mendukung," kata Alex Noerdin.

Pada kesempatan Kampanye akbar Terbuka Capres Cawapres 01 tersebut juga turut dihadiri Ketua TKD Sumsel Jokowi-Ma'ruf Amin, Syahrial Oesman; Sekretaris TKD Jokowi-Ma'ruf Amin, Giri Ramanda Kiemas; Fungsionaris Partai PDI Perjuangan, Beni Hernedi; Caleg DPR RI Partai Golkar Nomor urut Delapan, Lury Elza Alex Noerdin; dan Caleg DPRD Sumsel Partai Golkar Dapil 9 Nomor Urut Satu, Fatra Radezayansyah. Ribuan massa pendukung dan simpatisan Capres Cawapres 01 Jokowi-Ma'ruf Amin juga dihibur Band Republik dan Duo Racun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA