Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Taman Pintar Yogyakarta Miliki Wahana Zona Kebaikan Air

Senin 08 Apr 2019 16:35 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih

taman pintar yogyakarta

taman pintar yogyakarta

Foto: wikipedia.org
Zona ini merupakan pembaruan dari zona air yang telah ada sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wahana baru di Taman Pintar Yogyakarta kembali dihadirkan. Kali ini, wahana tersebut yakni Zona Kebaikan Air yang diluncurkan guna memberikan edukasi kepada masyarakat.

Peresmian zona ini sendiri merupakan kerja sama dengan Danone Aqua. Zona ini merupakan pembaruan dari Zona Air yang telah ada sebelumnya.

Asisten Perekonomian Setda Kota Yogyakarta, Kadri Renggono mengapresiasi adanya wahana ini. Ia mengatakan, Taman Pintar terus melakukan pembaharuan dan pengembangan zona-zona yang dimilikinya. 

"Tujuannya mendidik, agar tidak membosankan," kata Kadri saat peresmian Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta, Senin (8/4).

Diharapkan, zona ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya anak-anak yang mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta. Terutama mengedukasi terkait pentingnya air untuk kebaikan kehidupan.

"Melalui zona ini juga mengajarkan sejak dini tanggung jawab pengelolaan sampah plastik," ujarnya.

Marketing Manager PT Tirta Investama (Danone-Aqua) Jeffri Ricardo mengatakan, zona ini dilengkapi dengan berbagai area edukasi. Ada edukasi Pilih, Jaga Dan Rawat (Pijar) yang memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air. 

Selain itu, ada area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah dalam. Tersedia juga area edukasi sumber air, area gerakan Ayo Minum Air (Amir) dan edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh. 

"Terkait kampanye yang kita lakukan, ada juga area edukasi #BijakBerplastik yang menjelaskan bagaimana pengelolaan plastik secara bijak," paparnya. 

Melalui zona ini, akan menjelaskan bagaimana proses sejak air diambil hingga perawatan air itu sendiri. Dengan begitu, diharapkan dapat bermanfaat terutama dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui pemanfaatan air dengan baik. 

Vice President Research and Innovation PT Tirta Investama (Danone-Aqua) Rosalina Privita mengatakan, diluncurkannya zona ini sejalan dengan visit Danone yakni One Planet One Health. Taman Pintar dipilih karena merupakan tempat strategis untuk memberikan edukasi dan mendorong gaya hidup sehat sejak dini. 

"Taman Pintar ini sangat menarik bagi anak-anak dan banyak pengunjung. Dari sini kita bisa mendorong menjaga kesehatan lingkungan sejak dini," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA