Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Jokowi Kunjungi Sentra Usaha Rotan di Cirebon

Jumat 05 Apr 2019 15:40 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berswafoto dengan pendukung ketika kampanye terbuka di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019).

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berswafoto dengan pendukung ketika kampanye terbuka di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jokowi menilai kendala bisnis rotan yaitu pasokan bahan baku.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Capres 01 Joko Widodo mengunjungi produsen pembuatan rotan tingkat rumahan di Kabupaten Cirebon pada Jumat, (5/4). Kunjungan Jokowi dalam rangka kampanye terbuka setelah sebelumnya mengunjungi Banyumas, Tegal dan Brebes.

Jokowi ditemani oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pramono Anung. Politisi PDIP itu merasa rotan punya peluang pasar ke depannya. Tapi peluang itu dihambat lewat munculnya barang-barang terbuat dari plastik.

“Dari dulu kekuatan rotan besar, tapi ingat ada subtitusinya yaitu rotan plastik. Kita harus ngerti ini dengan kondisi persaingan. Kadang muncul barang-barang plastik yang lebih kuat, lebih cantik, tapi tetap yang alami itu rotan, dari alam,” kata Jokowi pada wartawan di lokasi.

Selain itu, ia menilai kendala bisnis rotan yaitu pasokan bahan baku yang tak ada kepastian. Sebelum menjadi politisi, Jokowi sudah menelan asam garam dunia bisnis saat berbisnis meubeul.

“Ini memang dari dulu problem yang sering ada disini suplai bahan baku yang tidak kontinu terus menerus, kadang ada kadang tidak loh,” ujarnya.

Seusai kunjungan ini, Jokowi bakal melanjutkan kampanye terbukanya di Indramayu, Jawa Barat. Diperkirakan ribuan orang akan hadir di sana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA