Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Jane Fonda Jadi Wanita Tertua Hiasi Sampul Vogue

Kamis 04 Apr 2019 14:10 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Jane Fonda

Jane Fonda

Foto: EPA
Menurut Vogue, Jane Fonda adalah bukti usia bukan penghalang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Jane Fonda terpilih menjadi bintang model sampul Majalah Vogue. Usianya yang menginjak 81 tahun, membuat Fonda menjadi model sampul tertua di majalah itu.

Dilansir dari Independent, Kamis (4/4), majalah mode Inggris itu mengumumkan aktris yang merupakan duta besar merek kosmetik L’Oreal itu akan menghiasi sampul edisi Mei. Vogue memiliki hubungan kemitraan dengan merek kosmetik tersebut.

Edisi khusus majalah yang menjadi rujukan pengamat mode dunia mengangkat tema "Non-Isu". Vogue berupaya menjelaskan untuk mengabaikan usia sebagai penghalang yang menahan wanita untuk selalu tampil modis.

Usia, bukanlah menjadi sebuah isu. Pemimpin Redaksi Vogue Inggris, Edward Enninful, mengatakan tema ini sangat penting.

“Bagi saya, mempromosikan keberagaman dalam Vogue tidak pernah semata-mata tentang etnis atau gender seseorang. Ini tentang keberagaman di seluruh dunia. Melihat wanita luar biasa di atas 50 tahun dalam edisi khusus ini membuktikan bahwa usia seseorang akan selalu menjadi faktor yang lebih menarik, bernuansa, dan menginspirasi daripada yang bisa disarankan oleh angka,” jelas Enninful.

Sementara edisi penuh majalah ini tidak tersedia hingga Jumat (5/4). Vogue telah memberi pembaca sebuah bocoran mengenai wawancara Fonda dengan serangkaian unggahan di media sosial Instagram

Dalam bocoran gambaran sampul tersebut, tersemat kalimat kutipan  wawancara Fonda yang mengungkapkan dia bangga dengan usianya. "Saya suka berada di atas bukit karena saya menemukan ada lanskap yang sama sekali baru. Saya menghargai usia dan saya senang saya hidup selama ini," katanya.

Pada unggahan kedua bocoran sampul itu, Vogue menampilkan gambar Fonda mengenakan blazer putih bersih. "Sangat penting untuk memahami bahwa wanita yang lebih tua adalah demografi yang tumbuh paling cepat di seluruh dunia. Sudah waktunya untuk mengenali nilai kita,” kata Fonda tertulis pada unggahan tersebut.

Para pengikut media sosial majalah itu pun lalu membanjiri kolom komentar unggahan itu dengan pujian. Beberapa orang menyebut Fonda sebagai "dewi" dan "ikon".

Penampilan Fonda di bagian depan majalah edisi khusus itu, membuatnya menjadi wanita tertua yang pernah menghiasi sampul majalah Vogue. Pada 2017, penghargaan itu diberikan kepada supermodel 1970-an Lauren Hutton yang, pada usia 73, yang tampil di sampul Vogue Italia.




Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA