Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Trump akan Bertemu Negosiator Perang Dagang Cina-AS

Kamis 04 Apr 2019 09:45 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah

Donald Trump (kanan) bersama Xi Jinping (kiri)

Donald Trump (kanan) bersama Xi Jinping (kiri)

Foto: VOA
Belum diketahui isi agenda pertemuan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu Wakil Perdana Menteri Cina Liu He. Liu adalah salah satu negosiator dalam pembicaraan yang bertujuan mengakhiri perang dagang AS-Cina pada tahun lalu.

Pertemuan ini diketahui berdasarkan jadwal Donald Trump, Kamis (4/4) yang dikeluarkan Gedung Putih. Pertemuan itu dijadwalkan pada pukul 16.30 waktu setempat di Oval Office. 

Pertemuan ini dilakukan setelah Trump mengaku sempat memanggil Presiden Cina Xi Jinping sebagai 'raja'. Hal itu Trump lakukan dalam kunjungannya ke Cina 18 bulan yang lalu. Trump mengatakan Xi menyukai panggilan tersebut.

Dalam acara pengumpulan dana kampanye Partai Republik di Washington, Selasa (2/4), Trump membagikan cerita itu kepada para tamu. Ia juga menekankan persahabatannya dengan pemimpin Cina tersebut.

"Presiden Xi adalah orang kuat, saya memanggilnya 'raja', ia mengatakan 'tapi saya bukan raja, saya presiden', saya katakan 'tidak, Anda presiden seumur hidup dan maka Anda raja, dia katakan 'huh, huh', dia menyukainya, saya panggil dia 'raja', saya berhubungan baik dengannya," kata Trump, seperti dilansir di South Morning China Post.

photo

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA