Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Bercanda Soal Penyakitnya, Selma Blair Buat Tutorial Dandan

Selasa 02 Apr 2019 15:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Selma Blair menghadiri Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Kalifornia, Amerika Serikat, Senin (25/2).

Selma Blair menghadiri Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Kalifornia, Amerika Serikat, Senin (25/2).

Foto: AP
Mengalami multiple sclerosis, Selma Blair kesulitan dandan sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Selma Blair didiagnosis mengalami penyakit multiple sclerosis (MS) pada Agustus 2018. Blair pernah mengumumkan penyakit yang dideritanya itu melalui akun Insragram dan bercerita jika ia sudah merasakan gejalanya sejak 15 tahun terakhir.

Di tengah kondisi sulit yang dialaminya, Blair tampak tidak kehilangan selera humornya. Blair mengunggah sesuatu yang dianggapnya untuk lucu-lucuan saja.

Bintang film Hellboy itu berbagi tutorial tata rias sebagai penderita MS di Instagram Stories-nya, bersama dengan sebuah postingan di feed Instagram. Dia sekaligus menjelaskan bahwa unggahannya hanya sebagai lelucon. Soalnya, sebagai penyandang MS, ia tentu tidak bisa melakukan rias wajah sesempurna orang pada umumnya karena motoriknya bermasalah.

"Keterampilan motorik halus saya tidak seperti baik-baik saja saat ini. Jadi aku hanya ingin mengatakan bahwa aku mungkin akan memberikan tutorial make-up, tidak akan pernah. Tapi jika aku melakukannya, maka kamu tahu aku benar-benar hanya mencoba bersenang-senang," tulisnya.

Selma hanya ingin berbagai bagaimana ia melakukan make-up dalam rutinitasnya. Biasanya ia mulai di pagi hari dan kerap banyak orang bertanya bagaimana ia bisa melakukannya.

Selma sekadar ingin menyapa para penggemarnya. Selama sakit, ia biasa menggunakan kuas makeup besar dengan bronzer. "Orang-orang MS: Kuas. Besar. Bronzer. Di sana, selesai. Berhenti. Sampai jumpa," ujarnya seraya tersenyum.


Gangguan motorik halus merupakan salah satu gejala MS yang paling umum. Penyakit pada sistem saraf pusat itu pada dasarnya menghambat komunikasi antara otak dan tubuh.

Gejala penyakit yang paling jelas adalah keterampilan sensorik dan motorik, menurut Amit Sachdev, MD, associate director medis untuk departemen neurologi dan oftalmologi di Michigan State University. Dia mengatakan manifestasi yang umum adalah ketidakmampuan berpakaian, menjatuhkan barang, kesulitan mengendalikan bagian tubuh. "Dan juga kemudian bisa terjatuh," ungkap Sachdev.

Sebelumnya Selma juga pernah berbagi melalui unggahannya jika dia mengidap MS. Gejala penyakitnya pun telah bertambah parah.

"Aku lumpuh. Kadang-kadang aku terjatuh. Aku menjatuhkan benda-benda. Ingatanku kabur. Dan bagian kiri tubuhku sulit digerakkan". Begitu tulisannya di Instagram dengan akun @selmablair.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA