Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Wajib Menang di Emirates

Ahad 10 Mar 2019 05:24 WIB

Rep: Eko Supriyadi / Red: Citra Listya Rini

Stadion Emirates milik Arsenal di London, Inggris.

Stadion Emirates milik Arsenal di London, Inggris.

Rivalitas Arsenal dan Manchester United berlangsung sejak 1894.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  —  Aroma dendam bakal mewarnai big match pekan ke-30 Liga Primer Inggris musim ini antara tuan rumah Arsenal dan Manchester United di Stadion Emirates, Ahad (10/3) malam WIB. Pertemuan terakhir kedua berakhir dengan kemenangan 3-1 Iblis Merah atas tim Meriam London di babak keempat Piala FA beberapa waktu lalu. 

Rivalitas Arsenal dan Manchester United sudah lama di Liga Primer Inggris. Keduanya kali pertama bertemu pada 13 Oktober 1894 yang berakhir imbang 3-3. Laga di Stadion Emirates akan menjadi yang kali ke-200 di Liga Primer Inggris. Pertemuan di kandang the Gunners itu bakal menjadi yang kali ke-231 di berbagai ajang melawan Iblis Merah. Laga klasik ini pun menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu pecinta si kulit bundar. 

Menjelang laga di kandang sendiri, Arsenal patut mewaspadai laju positif Manchester United. Marcus Rashford cs sukses mendepak klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) pada babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Kamis (7/3) dini hari WIB. Skuat Iblis Merah dalama kepercayaan diri tingkat tinggi menuju Stadion Emirates.

Sebaliknya, Arsenal yang juga mentas di level Eropa menuai hasil negatif. The Gunners dikalahkan Rennes 1-3 pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (8/3) dini hari WIB. Sontak, Arsenal tak ingin kembali mendulang kekalahan dua kali beruntun. 

Catatan Arsenal menjamu Manchester United di Stadion Emirates tidak terlalu bagus. Dalam tiga pertemuan terakhir, Iblis Merah mampu memenangkan dua laga diantaranya. Dalam lima pertemuan terakhir, Manchester United juga lebih mendominasi dengan tiga kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. 

photo
Penyerang Arsenal Pierre Emerick Aubameyang (kiri).
Pertandingan kali ini juga tidak hanya bisa soal dendam belum terbalaskan the Gunners. Laga ini menjadi panas karena hasil dalam pertandingan ini akan sangat krusial bagi kedua tim di klasemen Liga Primer Inggris. Manchester United saat ini berada di peringkat keempat dengan koleksi 58 angka. Hanya berjarak satu angka dari Arsenal di tempat kelima.
 
Untuk itu, menang menjadi menu wajib Mesut Oezil cs jika ingin kembali merebut posisi empat besar yang mereka tinggalkan pekan lalu akibat hasil imbang lawan Tottenham Hotspur. Pierre-Emerick Aubameyang diprediksi bakal menjadi ujung tombang Arsenal.
 
Pelatih Arsenal Unai Emery mengatakan, berhadapan dengan Manchester United akan menjadi pertandingan yang sangat berat. Apalagi, Emery menilai, Iblis Merah saat ini sedang dalam momen terbaik mereka musim 2018/2019 ini. ''Pada Ahad kami harus melakukan sesuatu yang berbeda dari sisi taktik, individu, dan menemukan efisiensi yang lebih baik melawan mereka,'' kata Emery dikutip dari Sky Sports, Sabtu (9/3).
 
Di kubu tim tamu, Manchester United berpeluang menambah catatan tandang tak terkalahkan. Sejak dilatih Ole Gunnar Solskjar, Iblis Merah menang tandang sembilan laga beruntun. Manchester United juga belum terkalahkan lima pertandingan beruntun di semua ajang. 
 
Menjelang laga tandang di London, angin segar menghampiri kubu Iblis Merah. Anthony Martial dikabarkan siap kembali merumput setelah pulih dari cederanya. Nemanja Matic juga akan kembali memperkuat tim setelah absen tiga laga karena masalah pada ototnya.
 
photo
Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer
 
Kabar baik juga datang dari gelandang Ander Herrera dan Eric Bailly, yang kemungkinan akan tersedia dalam laga bergengsi di Stadion Emirates. Begitu juga sosok Paul Pogba yang kemungkinan masuk starting line up.
 
''Anthony (Martial) akan tersedia dan semoga Nemanja (Matic) dan atau Ander (Herrera) akan siap. Jadi, kami terlihat lebih baik dan siap meladeni Arsenal,'' ujar Solskjaer. 
 
Lima Pertemuan Terakhir 
  • 26-01-2019 Arsenal 1-3 Man United (Piala FA)
  • 06-12-2018 Man United 2-2 Arsenal (Liga Primer Inggris)
  • 29-04-2018 Man United 2-1 Arsenal (Liga Primer Inggris)
  • 03-12-2017 Arsenal 1-3 Man United (Liga Primer Inggris)
  • 07-05-2017 Arsenal 2-0 Man United (Liga Primer Inggris)
 
Fakta Angka 
230 Pertemuan antara Manchester United dan Arsenal. Iblis Merah menang 97 kali sedangkan Arsenal 82 laga, sisanya 51 hasil imbang.
10 Kemenangan yang diraih Manchester United dalam 12 laga di Liga Primer Inggris dengan dua di antaranya berakhir imbang.
0 Iblis Merah masih belum terkalahkan di kompetisi domestik sejak Ole Gunnar Solskjaer mengambil alih kepemimpinan Jose Mourinho.
1 Kekalahan Arsenal dalam lima pertandingan terakhir. Arsenal menang tiga kali dan sekali imbang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA