Kamis 07 Mar 2019 16:15 WIB

Pemprov akan Beri Tanah Hibah untuk Universitas Muhammadiyah

Gubernur ingin Lampung menjadi daerah tujuan pendidikan.

Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemerintah Provinsi Lampung berencana memberikan bantuan hibah tanah kepada Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung di kawasan Kota Baru. Tujuannya, untuk pengembangan perguruan tinggi Muhammadiyah tersebut.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UM Lampung Nurzal Djinis, menjelaskan perguruan tinggi milik Muhammadiyah ini memang telah mengajukan bantuan tanah kepada Pemprov Lampung. Ia menegaskan, pihaknya terus berupaya bangkit dan mengejar ketertinggalan dari kampus lain. Salah satunya dengan mengembangkan kampus yang lebih besar.

Baca Juga

Dia menguraikan dalam mengembangkan kampus, pihaknya mengajukan bantuan tanah kepada Pemprov Lampung untuk pembangunan kampus ketiga. "Kampus pertama ada di Labuhan Ratu, Bandarlampung, kampus kedua berada di Sukarame, dan untuk yang ketiga rencananya di Kota Baru," ujar Nurzal, Kamis (7/3).

Sebelumnya, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo membenarkan, berencana memberikan bantuan hibah tanah kepada UM Lampung di kawasan Kota Baru, Lampung Selatan. Gubernur Ridho ingin Lampung menjadi destinasi pendidikan seperti Bandung, Jawa Barat.

"Saya bercita-cita membangun kompleks pendidikan di Lampung. Saya ingin melakukan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi perkembangan Lampung ke depan. Untuk itu, saya berencana memberikan hibah tanah kepada Universitas Muhammadiyah Lampung di kawasan Kota Baru, Lampung Selatan," ujar Ridho Ficardo, saat menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung, di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Bandarlampung, Selasa (5/3).

Terkait hibah tanah ini, gubernur memerintahkan Biro Perlengkapan Provinsi Lampung untuk mengecek dan memastikan aset yang ada di Kota Baru. "Nanti Biro Perlengkapan akan mengecek dan memastikan aset tanah di kawasan tersebut, agar tidak ada masalah ke depan," ujar Ridho.

Gubernur berharap Lampung menjadi destinasi pendidikan seperti Bandung, mengingat banyak mahasiswa dari luar daerah yang belajar di Lampung. Untuk itu, Gubernur Ridho berharap Universitas Muhammadiyah Lampung dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Pemprov Lampung sebelumnya telah pula memberikan hibah lahan untuk pengembangan sarana dan prasarana pendidikan Universitas Lampung, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, dan Institut Teknologi Sumatera (Itera) di Lampung.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement