Jumat 01 Mar 2019 18:52 WIB

Ujian Masuk, UGM dan UNY Siapkan Ribuan Unit Komputer

Para peserta ujian masuk UGM dan UNY dibolehkan mengikuti tes maksimal dua kali.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama telah dimulai 1-24 Maret 2019. Dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempersiapkan hampir 4.000 komputer.

UGM mempersiapkan 16 lokasi untuk pelaksanaan UTBK 2019. Ada pula 53 ruang dengan 1.720 komputer yang telah disiapkan tidak lain guna menyukseskan pelaksanaan UTBK tersebut.

Baca Juga

"UGM sudah menyiapkan sistem dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya akan mampu melayani sekitar 33.560 calon mahasiswa dalam pelaksanaan UTBK ini," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, Kamis (28/2).

Iva menjelaskan, pendaftaran UTBK gelombang satu telah dimulai 1 Maret-24 Maret 2019. Sedangkan, untuk pendaftaran UTBK gelombang dua akan dibuka pada 25 Maret -1 April 2018.

Selain itu, jadwal pelaksanaan UTBK gelombang satu akan dilaksanakan mulai 14 April-4 Mei 2019. Lalu, untuk pelaksanaan UTBK gelombang dua akan dilaksanakan 11-26 Mei 2019.

Hasil nilai UTBK ini merupakan salah satu syarat bagi calon mahasiswa untuk mendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ada syarat-syarat dalam mengikuti UTBK.

UTBK diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada 2019 atau peserta didik Paket C pada 2019, lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C 2017 dan 2018.

Iva menekankan, nantinya para peserta UTBK dibolehkan mengikuti tes maksimal dua kali. Ketentuannya untuk kelompok saintek satu kali dan atau soshum satu kali, atau kelompok saintek dua kali atau kelompok soshum dua kali.

"Hasil UTBK ini hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2019," ujar Iva.

Kesiapan senada dilontarkan UNY. Kepala Humas UNY, Anwar Effendi mengingatkan, UTBK akan dilaksanakan masing-masing PTN secara mandiri. Artinya, penyelenggara mulai tahun ini tidak memiliki panitia lokal.

Untuk kesiapan unit komputer, jumlah yang disediakan UNY sekitar setengah dari jumlah komputer yang disiapkan UGM. Anwar menuturkan, UNY siap menyediakan 945 komputer.

"Siap melaksanakan UTBK sesuai jadwal, 10 hari, setiap hari dua sesi, pagi dan siang. Satu hari bisa melayani 1.890 calon mahasiswa," kata Anwar.

Di DIY sendiri, terdapat lima perguruan tinggi negeri yang bisa dipilih calon mahasiswa. Selain UGM dan UNY, ada UIN Sunan Kalijaga, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

Untuk pendaftaran UTBK bisa dilakukan melalui https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id. Sedangkan, untuk materi ujian meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement