Jumat 01 Mar 2019 14:09 WIB

Pucuk Festival Jaring Bakat Musik Band Siswa SMA

Sebanyak 300 peserta dari 60 sekolah mengikuti audisi digital.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Ribuan siswa memainkan alat musik angklung saat Pentas 1000 Angklung di SMA Sumatera 40, Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Senin (6/2).
Foto: Mahmud Muhyidin
Ribuan siswa memainkan alat musik angklung saat Pentas 1000 Angklung di SMA Sumatera 40, Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Senin (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pucuk Cool Jam Festival 2019 akan diselenggarakan di Kota Bandung pada 9 Maret mendatang. Lewat festival ini Pucuk Harum ingin menjaring bakat-bakat bermusik terutama band dan seni siswa SMA/SMK.

Tahun 2019 ini, sebanyak 300 peserta dari 60 sekolah mengikuti audisi digital. Dari jumlah tersebut terpilih enam band yang akan tampil dalam Pucuk Cool Jam Festival 2019. Mereka akan bersaing menjadi pemenang yang nantinya akan dibuatkan lagu dan diorbitkan.

Brand Manager Teh Pucuk Harum, Yustina Amelia mengatakan pihaknya telah menjaring anak-anak muda berbakat di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, dan Makassar. Nantinya perwakilan setiap daerah akan tampil di Kota Bandung.

"Kami ingin menyaring bakat-bakat anak muda terutama siswa sekolah. Karena banyak sekali ternyata bakat-bakat tersembunyi," kata Yustina di SMKN 10 Bandung, Jumat (1/3).

Menurutnya, melalui kegiatan ini pihaknya ingin memberikan kesempatan bagi pelajar untuk mengasah kreativitas dan kemampuan bermusik. Sehingga bakat yang dimiliki bisa tersalurkan dan bisa dikenal banyak orang.

Ia mengatakan sebelum tampil dalam grandfinal di Pucul Cool Jam Festival, masing-masing finalis akan mendapatkan workshop di sekolahnya. Pelatihan ini untuk memberikan pembekalan dini agar bisa memberikan performa terbaik di festival nantinya.

"Para finalis akan merasakan euforia yang berbeda dari biasanya, yaitu unjuk gigi di panggung yang lebih besar. Proses penilaian pun akan semakin ketat dari juri, untuk itu kami memberikan pembekalan agar mereka bisa memberikan performa terbaik di panggung," tuturnya.

Pucul Festival ini diharapkannya menjadi sebuah wadah untuk mengasah kreativitas dan kemampuan bermusik. Pihaknya pun menggandeng lembaga pendidikan musik agar para finalis bisa semakin matang dalam penampilan dan karyanya nanti. Sehingga bukan hanya memenangkan lomba pada kesempatan ini, tapi juga bersaing dengan band-band lain ke depannya.

"Mereka merebutkan hadiah ratusan juta rupiah dan bagi pemenang pertama akan dibuatkan lagu dan dilatih oleh pemain musik profesional," ujarnya.

Rangkaian workshop diselenggarakan pada 23 Februari hingga 1 Maret di masing-masing sekolah yang terpilih sebagai finalis. Sesi workshop disampaikan oleh figur-figur kompeten di bidangnya dengan materi khsuus yang praktikal seperti bagaimana mempersembahkan penampilan live music dengan sukses dan maksimal.

Dalam Pucuk Cool Jam Festival nantinya akam ada penampilan artis-artis papan atas seperti Naif. Hadir juga food tenant yang akan meramaikan acara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement