Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Aktor Kawakan Swiss Bruno Ganz Tutup Usia

Ahad 17 Feb 2019 03:15 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ratna Puspita

Bruno Ganz

Bruno Ganz

Foto: EPA-EFE/JAVIER ETXEZARRETA
Ganz telah berkiprah di dunia pertelevisian dan perfilman selama lebih dari lima deka

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Aktor kawakan berkebangsaan Swiss, Bruno Ganz, meninggal dunia pada usia 77 tahun. Mendiang yang berkarier di perfilman lintas negara itu berpulang di kediamannya di Zurich, pada Jumat (15/2) waktu setempat.

Ganz telah berkiprah di dunia pertelevisian dan perfilman selama lebih dari lima dekade. Dia pernah terlibat dalam sederet film besutan sineas Werner Herzog, Eric Rohmer, Francis Ford Coppola, dan Wim Wenders.

Audiens internasional mungkin lebih mengenal Ganz karena perannya sebagai Adolf Hitler di film Der Untergang (2004). Dia juga terlibat di beberapa film berbahasa Inggris seperti The Reader (2008), Unknown (2011), dan Remember (2015).

Sineas Atom Egoyan yang menyutradarai film Remember, memberikan penghormatan kepada mendiang. Dalam sinema arahan Egoyan, Ganz berperan sebagai Rudy Kurlander, ebradu akting dengan Martin Landau dan Christopher Plummer.

Egoyan mengaku sangat terhormat pernah bekerja sama dengan sang aktor legendaris. Sang sutradara menghargai waktu yang dia habiskan bersama mendiang yang disebutnya tidak akan pernah terlupakan. Mereka berdua banyak berbincang tentang teater.

Menurut Egoyan, panggung teater adalah cinta pertama bagi Ganz. Dengan seluruh kiprahnya yang tidak terhitung, mendiang Ganz akan selalu dikenang sebagai malaikat yang jatuh ke Bumi, seperti perannya dalam film Wings Of Desire.

"Ada keheningan yang indah dalam kecerdasannya yang tajam, cara yang sangat mudah bagi orang lain untuk memproyeksikan diri pada matanya yang penuh jiwa," ungkap Egoyan, seperti dikutip dari laman Eye for Film.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA