Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

BMKG: Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi di Jatim

Sabtu 09 Feb 2019 13:48 WIB

Red: Esthi Maharani

Bangunan rusak akibat angin kencang.

Bangunan rusak akibat angin kencang.

Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Angin kencang itu diperkirakan terjadi di sore dan malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO  - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Jawa Timur menyatakan angin kencang masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh mengatakan, potensi terjadinya angin kencang itu diperkirakan terjadi di sore dan malam hari.

"Oleh karena itu masyarakat kembali harus mewaspadai terjadinya potensi hujan deras sesaat yang disertai dengan angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Timur," tambahnya, Sabtu (9/2).

Ia mengemukakan, dari pantauan citra satelit BMKG menujukkan kalau potensi angin kencang yang disertai dengan hujan lebat itu terjadi di beberapa wilayah seperti di Kota Batu, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Banyuwangi, Jember, Sidoarjo, Surabaya, Kota Mojokerto.

"Selain itu, untuk suhu udara berkisar antara 17 hingga 32 derajat celcius, kelembaban udara 65 hingga 100 persen dan juga angin dari Barat Daya menuju ke Barat dengan kecepatan 5 sampai dengan 30 kilometer perjam," jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun, untuk ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,3 sampai 0,5 meter, tinggi gelombang di Laut Jawa bagian Timur antara 0,5 hingga 1,0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1,3 sampai 2,5 meter.

"Kami akan terus meng-update informasi perkiraan cuaca yang terjadi di Jawa Timur dan menyebarluaskan ke masyarakat supaya bisa lebih waspada dan berhati hati," ujarnya.

Pihaknya juga berkoordonasi dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya terkait dengan potensi angin kencang yang terjadi di Jawa Timur.

"Termasuk kepada pihak Bandara Internasional Juanda Surabaya yang membutuhkan pantauan cuaca sebelum melakukan penerbangan pesawat," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA