Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Telur Rekor Dunia Kampanyekan Kesehatan Mental

Jumat 08 Feb 2019 10:56 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani

Telur Rekor Dunia Kampanyekan Kesehatan Mental

Telur Rekor Dunia Kampanyekan Kesehatan Mental

Foto: Intagram
Muncul peluang untuk menyebarkan hal positif terkait menjaga kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Telur rekor dunia yang viral di media sosial Instagram beralih mengampanyekan pentingnya kesehatan mental. Setelah hampir sebulan penuh misteri, akun @world_record_egg mengejutkan warganet dengan unggahan gambar bergerak dari telur tersebut.

Setelah unggahan foto pertama yang menantang warganet menaklukkan rekor dunia bersama, ada sederet foto lain yang diunggah. Secara bertahap, foto-foto itu menampilkan telur yang retak sedikit demi sedikit.

Lantas, hadir video yang menjawab rasa penasaran warganet. Telur itu memiliki mata, memperkenalkan diri lewat tulisan bergerak. Lantas, telur itu pecah begitu saja. "Baru-baru ini saya mulai retak akibat tekanan dari media sosial," demikian tertulis.

Telur itu kemudian menyampaikan permintaan langsung kepada warganet, "Jika Anda juga sedang berjuang, bicaralah dengan seseorang." Pada akhir tayangan, telur mengarahkan warganet untuk mendapat lebih banyak informasi ke situs talkingegg.info.

Dikutip dari laman USA Today, penggagas @world_record_egg semula hanya merancang akun untuk menantang dan mempertanyakan media sosial. Namun, dengan cepat muncul peluang untuk menyebarkan hal positif terkait menjaga kesehatan mental.

Akun dibuat oleh "Egg Gang", terdiri dari Chris Godfrey (29), yang bekerja di perusahaan periklanan The & Partnership di London, Inggris, bersama dua rekannya. Posting awal telur coklat diunggah pada 4 Januari 2019, mengajak warganet bersama memecahkan rekor.

Saat ini, postingan itu disukai lebih dari 52 juta warganet, sementara akunnya memiliki 10 juta pengikut. Menurut para pengamat media sosial, foto tersebut sudah memecahkan rekor foto Kylie Jenner yang paling banyak disukai warganet.

Sementara, situs informasi pada video telur terbaru juga terhubung dengan mentalhealthamerica.net. Situs tersebut dikelola organisasi nirlaba Mental Health America yang mengaku dihubungi Egg Gang mengenai penggunaan situs.

Erin Wallace, kepala divisi komunikasi Mental Health America menyebut reaksi warganet global terhadap video itu luar biasa. Dia senang World Record Egg menggunakan pengungkapan identitasnya untuk upaya kampanye kesehatan mental.

Menurut Erin, hal itu membantu banyak orang yang belum terbuka soal kondisi kesehatan mentalnya. Namun, Mental Health America tidak terlibat dalam produksi video, yang ternyata merupakan hasil kemitraan Egg Gang dengan jaringan televisi Hulu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA