Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Satu Jenazah Berhasil Diangkat dari Puing Pesawat Sala

Kamis 07 Feb 2019 21:22 WIB

Red: Endro Yuwanto

 Pendukung FC Nantes memajang spanduk besar yang menggambarkan  Emiliano Sala, yang hilang pada 21 Januari 2019 setelah sebuah pesawat terbang ringan yang ia tumpangi dari Nantes ke Cardiff menghilang di Selat Inggris

Pendukung FC Nantes memajang spanduk besar yang menggambarkan Emiliano Sala, yang hilang pada 21 Januari 2019 setelah sebuah pesawat terbang ringan yang ia tumpangi dari Nantes ke Cardiff menghilang di Selat Inggris

Foto: EPA-EFE / Edward Boone
Namun, evakuasi jenazah tersebut terkendala dengan air pasang yang kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Satu jenazah ditemukan dari puing pesawat yang membawa striker Cardiff Emiliano Sala dan pilotnya David Ibbotson. Air Accindents Investigastion Branch (AAIB) mengatakan, pesawat Piper Malibu ditemukan di English Channel atau laut yang memisahakan selatan Inggris dan utara Prancis.

Namun, evakuasi jenazah tersebut terkendala dengan air pasang yang kuat. Menurut AAIB, pemeriksaan yang intensif menggunakan kendaraan yang dioperasikan dengan remote (OV), diputuskan untuk melanjutkan. Operasi sempat dihentikan tiga hari pascakecelakaan karena cuaca buruk.

''Dalam kondisi yang berbahaya, AAIB dan kontraktor spesialis sukses mengangkat jenazah yang sebelumnya terlihat di antara puing,'' ujar AAIB dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Sky Sports, Kamis (7/2).

Namun sayangnya, upaya untuk mengangkat puing pesawat tidak berhasil karena kondisi cuaca yang buruk. Ini memaksa tim untuk membawa kembali remote OV ke pesawat. Karena ramalan cuaca menunjukkan kondisi buruk ini akan terus berlanjur, maka AAIB memutuskan untk menghentikan operasi.

Jenazah yang diduga Sala tersebut kemudian dibawa ke Portland untuk menjalani pemeriksaan.  ''Kami berharap pemberitahuan selanjutnya adalah laporan interim, kami berniat mempublikasikannya dalam waktu sebulan dari terjadinya kecelakaan,'' ungkap AAIB.

Pesawat yang ditumpangi mantan striker Nantes tersebut hilang kontak pada 21 Januari lalu, saat Sala terbang dari Nantes ke Cardiff. Perjalanan itu dilakukan sehari setelah pemain asal Argentina tersebut menyelesaikan transfernya untuk bermain di Liga Primer Inggris.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA