Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Unhas akan Gelar Pembinaan Ideologi Bagi Mahasiswa Baru

Kamis 07 Feb 2019 19:00 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Andi Nur Aminah

Rektor Universitas Hasanuddin, Dia Aries Tina Pulubuhu

Rektor Universitas Hasanuddin, Dia Aries Tina Pulubuhu

Foto: Republika/Andrian Saputra
Pembinaan tersebut akan dikemas dalam program pengembangan karakter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menggelar pembinaan ideologi bangsa bagi mahasiswa baru. Pembinaan tersebut akan dikemas dalam program pengembangan karakter yang dilakukan setiap akhir pekan selama dua bulan pertama.

"Jadi setiap sabtu dan minngu selama dua bulan semua mahasiswa baru wajib mengikuti pengembangan karakter itu," kata rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (7/2).

Selain itu, pembinaan ideologi juga akan disampaikan dalam mata kuliah dasar umum (MKDU) semua program studi. Dengan begitu, dia berharap, ideologi kebangsaan akan semakin tertanam di dalam diri mahasiswa. "Tentunya MKDU itu juga harus diikuti semua mahasiswa tahun pertama," jelas dia.

Diketahui, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan segera menerbitkan surat edaran terkait teknis Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2019. Surat edaran tersebut juga akan memuat instruksi agar kampus menyelenggarakan pembinaan ideologi pada PKKMB.

"Segera akan diedarkan, ini bukan hanya untuk perguruan tinggi negeri (PTN) tetapi juga perguruan tinggi swasta," kata Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof Ismunandar.

Kendati demikian, menurut dia, instruksi penyelenggaran pembinaan ideologi ketika PKKMB tersebut tidak bersifat wajib. Dalam artian, kampus bisa menyelenggarakan pembinaan ideologi setelah kegiatan PKKMB.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA