Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Satya Wacana Atasi Perlawanan Sengit Siliwangi

Ahad 27 Jan 2019 18:13 WIB

Red: Israr Itah

Pemain asing Satya Wacana Salatiga Maddarious Gibbs memasukkan bola saat menghadapi Siliwangi Bandung.

Pemain asing Satya Wacana Salatiga Maddarious Gibbs memasukkan bola saat menghadapi Siliwangi Bandung.

Foto: Dok IBL
Satya Wacana sepertinya bakal menang mudah setelah unggul jauh 21 angka.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satya Wacana Salatiga memetik kemenangan keempatnya pada kompetsi basket IBL Pertamax 2018-2019. Tim asuhan Efri Meldi mengatasi perlawanan sengit Bogor Siliwangi 75-71 pada seri kelima IBL Pertamax di GOR C'Tra Arena Bandung, Ahad (27/1).

Satya Wacana sepertinya bakal menang mudah setelah unggul jauh 21 angka pada babak pertama, 47-26. Siliwangi yang bermain tanpa point guard asing Martavious Irving karena cedera seperti kesulitan memberikan perlawanan. Maddarious Gibbs sudah mencetak 30 angka pada dua kuarter awal.

Namun, Siliwangi yang sebelumnya beberapa kali menumbangkan tim kuat di IBL Pertamax bangkit pada kuarter ketiga. Kelly Purwanto dkk menekan Satya Wacana dan memperkecil marjin ketinggalan menjadi hanya tiga angka, 54-57.

Pada kuarter keempat, Siliwangi bahkan sempat menyamakan kedudukan 63-63 lewat tembakan tiga angka. Gibbs kemudian membuat Satya Wacana kembali unggul lewat tembakan tiga angka 68-65. Satya Wacana akhirnya mampu mempertahankan kemenangan 75-71.

Satya Wacana harus berterima kasih kepada Maddarious Gibbs pada laga ini. Ia mencetak 41 poin untuk mengamankan kemenangan timnya. Raymond Miller Jr mencetak double double dengan catatan 16 angka dan 19 rebound.

"Walau menang tetapi gim ini mengecewakan. Saya sudah bilang pada pemain, di babak kedua Siliwangi pasti stop ofense kami. Kuarter ketiga anak-anak kurang fokus pada defense," kata Efri. Dia mengakui timnya diuntungkan  dengan tidak bermainnya Irving.

"Tanpa Irving kami kekurang leader yang bisa mengatur tempo. Ini pelajaran bagi kami bahwa pemain lokal tak boleh terlalu bergantung pada Irving," kata pelatih Siliwangi, Paul Mario Watulinggas.

Mario menyebut persoalan bagi timnya ada pada babak pertama. Siliwangi, kata dia, tak bisa menghentikan Gibbs. Pada babak kedua, timnya mulai bisa meredam, sayang ketinggalan pada babak pertama terlalu jauh.

"Intinya kami telat panas," kata Mario .

"Tanpa Irving memang banyak pengaruh.  Jika dia main pasti situasinya berbeda. Di babak pertama kami kurang melakukan pressure pada Gibbs," kata pemain Siliwangi, Teddy Apriyana Romadhonsyah. 

Michael Vigilance Jr mencetak double double dengan 32 angka dan 15 rebound bagi Siliwangi. Daniel Wenas mengemas 12 poin dan 11 rebound. Teddy dan Fadlan Minallah masing masing menyumbang sepuluh angka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA