Senin 21 Jan 2019 07:18 WIB

Ini 10 Tren Otomotif Menurut GM pada 2019

Pengembangan mobil listrik akan terus meningkat.

Rep: Rossi Handayani / Red: Friska Yolanda
Mobil Listrik
Foto:

6. Tren ke arah kendaraan yang lebih kecil

Peraturan pemerintah yang ketat dalam memenuhi standar emisi bahan bakar serta kemajuan dalam teknologi dan penggunaan material telah menjadikan peringanan (atau optimalisasi) bobot kendaraan menjadi salah satu fokus utama perusahaan industri otomotif di mana pun. Chevrolet Corvette generasi terkini yang telah dipasarkan di Filipina, menampilkan ultra-light carbon fiber hood dan carbon-nano composite pada panel-panel bawah bodi. GM mengaplikasikan teknologi software design canggih untuk peringanan bobot kendaraan generasi berikutnya. Teknologi ini merupakan kunci untuk mengembangkan tenaga penggerak alternatif yang lebih efisien dan kendaraan bebas emisi.

7. Pertumbuhan kendaraan yang terkoneksi dan solusi transportasi terpadu di seluruh kota 

Mobil yang terkoneksi, dioperasikan melalui sistem vehicle-to-infrastructure (V2I) dan vehicle- to-everything (V2X), diperkirakan akan berperan penting dalam meningkatkan keselamatan dan efisiensi dalam berlalu lintas ketika digunakan secara luas. 

8. Penggunaan metode 3D printing untuk komponen-komponen kendaraan 

Bukan rahasia lagi bahwa perusahaan otomotif sekelas GM berusaha menjadi pelopor dalam penggunaan printer 3D untuk menciptakan prototipe dalam rekayasa kendaraan. Awal tahun ini, GM mengatakan pihaknya bermitra dengan perusahaan software desain Autodesk Inc. untuk memproduksi material cetak 3D yang ringan, yang dapat membantu produsen kendaraan bermotor tersebut dalam mencapai tujuannya untuk menambah kendaraan berbahan bakar alternatif ke dalam jajaran produk-produknya. Dalam lima tahun, GM berharap dapat memproduksi komponen dalam skala ribuan atau puluhan ribu seiring dengan kemajuan teknologi.

9. Berakhirnya era penggunaan transmisi manual

Ketika beberapa perusahaan otomotif masih menawarkan transmisi manual untuk beberapa model, kemajuan dalam efisiensi bahan bakar dan kinerja transmisi otomatis telah menurunkan minat masyarakat pada gear stick-shift. Di sisi lain, peningkatan penggunaan paddle shifter memungkinkan pengemudi untuk secara manual memindahkan transmisi otomatis dengan tuas yang dipasang pada roda kemudi atau bagian kemudi, namun beberapa ahli mengatakan tren ini hanyalah passing fad (situasi yang tidak dapat diprediksi, terjadi dalam jangka pendek). Dalam laporan di tahun 2017, GM mengatakan bahwa 62 persen pengemudi yang menggunakan paddle shifter jumlahnya kurang dari dua kali per tahun.

10. Dampak populasi yang menua terhadap desain dan penggunaan kendaraan

Sementara usia rata-rata orang di Asia Tenggara di bawah 30, negara-negara lain di dunia memiliki populasi yang jauh lebih tua, usia rata-rata di Jepang hampir mencapai 50 tahun. Di masa lalu, berusia tua berarti memiliki mobilitas terbatas dan kebutuhan desain kendaraan kurang fleksibel. Saat ini, generasi yang lebih tua umumnya lebih aktif dan kendaraan pilihan mereka adalah midsize crossover yang semakin populer dengan menawarkan kemudahan serta kepraktisan ketika masuk dan keluar dari kendaraan. Selain itu, teknologi canggih seperti teknologi active safety yang semakin maju pada kendaraan-kendaraan GM akan membantu pengemudi dari berbagai usia untuk menghindari kecelakaan. Pengenalan GM tentang sistem mengemudi otonom dan layanan aplikasi angkutan online akan semakin membantu konsumen termasuk yang telah berusia lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement