Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

CVR Lion Air Diharapkan Melengkapi Investigasi KNKT

Senin 14 Jan 2019 18:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil

CVR yang diduga milik Lion Air ditemukan

CVR yang diduga milik Lion Air ditemukan

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
KNKT mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan segera memproses cokcpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang ditemukan di kedalaman 30 meter di perairan Karawang. CVR tersebut akan diproses di fasilitas black box milik KNKT melalui proses pengeringan, pembersihan dan selanjutnya pengunduhan.

"Data yang diperoleh dari CVR diharapkan akan melengkapi data investigasi KNKT," kata Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo, Senin (14/1).

Dia mengemukakan, pada Selasa (8/1) KRI SPICA berangkat dari Jakarta International Container Terminal (JICT) dengan keseluruhan personel sebanyak 84 orang yang terdiri dari 55 awak kapal, 3 specilis dari PUSHIDROSAL, 18 penyelam dari DISLAMBAIR dan SATPASKA dan 8 personel KNKT. Operasi ini bertujuan untuk mencari CVR dan jenazah.

"Dan CVR akhirnya ditemukan, KNKT mengucapkan terima kasih kepada semua pihak," ucap dia.

Sebelumnya, KNKT mengungkapkan bahwa cokcpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang ditemukan di kedalaman 30 meter di perairan Karawang masih dalam kondisi yang relatif baik. Dengan kondisi tersebut, dia memperkirakan bisa mengunduh data CVR kurang lebih satu jam.

"Alhamdulillah dengan seluruh kerja sama tim TNI, KNKT semuanya, kita berhasil menemukan ini dalam kondisi yang masih relatif baik. Kalau kondisinya masih bagus mudah-mudahan kalau download hanya sekitar satu jam. Mudah-mudahan kita berhasil," kata investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA