Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Lima Efek Samping Teh Hijau yang Perlu Anda Ketahui

Kamis 27 Dec 2018 00:52 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nashih Nashrullah

Teh Hijau (ilustrasi)

Teh Hijau (ilustrasi)

Foto: FOOD & HEALTH With Timi Gustafson R.D
Efek samping tersebut akan muncul akibat konsumsi teh hijau berlebihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Teh hijau selama ini diketahui memiliki reputasi yang baik. Sering dikonsumsi masyarakat Jepang, teh hijau dikenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan. 

Selain manfaat, teh hijau juga memiliki efek samping yang jarang diketahui banyak orang. Sama seperti kopi, teh hijau mengandung kafein yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Disiarkan Femina In, berikut lima masalah kesehatan yang timbul karena efek samping dari terlalu sering mengonsumsi teh hijau. 

Baca Juga

  1. Kekurangan zat besi. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dalam jumlah tinggi dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Ini bisa terjadi karena terdapatnya kandungan tanin dalam teh hijau. Seberapa pun banyak seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, tubuh tidak akan bisa menyerapnya. Apalagi jika teh hijau langsung dikonsumsi setelah makan. Senyawa dalam teh yang menyatu dengan zat besi juga bisa menghilangkan manfaat antioksidan Cara agar tetap bisa mengonsumsi teh hijau tanpa kekurangan zat besi yaitu dengan menambahkan perasan lemon ke dalam minuman teh. Vitamin C pada lemon akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan ke dalam tubuh.
  2. Pusing. Sering mengonsumsi teh hijau juga bisa menyebabkan pusing. Gejala ini bisa muncul terkait dengan kafein yang ada dalam minuman tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa kafein bisa menyebabkan berbagai tingkat sakit kepala dari yang ringan sampai yang parah. Sakit kepala ini bisa semakin memburuk karena kekurangan zat besi yang juga disebabkan karena konsumsi teh hijau yang tinggi. Teh hijau juga bisa menyebabkan seseorang merasa gelisah dan gemetar.
  3. Dehidrasi. Teh hijau merupakan deuretik alami. Para ahli mengatakan bahwa minum teh hijau dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan sering buang air kecil. Akibatnya, seseorang akan mengalami kekurangan cairan dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.  
  4. Insomnia. Efek samping lainnya dari mengonsumsi teh hijau yaitu insomnia. Lagi-lagi ini dikaitkan dengan kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein dapat menstimulasi otak untuk tetap aktif sehingga membuat seseorang bisa terjaga sepanjang malam. Bahkan, ibu menyusui yang mengonsumsi teh hijau bisa mengakibatkan kurang tidur pada bayi di kemudian hari. Selain itu, Insomnia juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan ketidakkonsistenan dalam kondisi mental. 
  5. Gangguan pencernaan. Menurut sebuah penelitian, komponen teh hijau dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, kafein juga bisa memicu rasa mual dan muntah. Sebaiknya hindari mengonsumsi teh hijau lebih dari empat cangkir setiap hari.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA