Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Warga Sukabumi Sambut Hadirnya Bus Wisata Bantuan Pemprov

Senin 24 Dec 2018 09:42 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda

Guvernur Jabar Ridwan Kamil naik Bandung Tour on Bus (Bandros).

Guvernur Jabar Ridwan Kamil naik Bandung Tour on Bus (Bandros).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Bus diharapkan meningkatkan geliat pariwisata Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi mendapatkan bus wisata perkotaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), Sabtu (22/12). Kehadiran bus tersebut dinilai akan makin meningkatkan geliat sektor wisata di Kota Sukabumi.

‘’ Pemda Provinsi Jawa Barat memberikan hibah bus wisata perkotaan untuk mendukung percepatan ekonomi dan wisata,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan. Pemberian bus wisata ini langsung dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Gedung Sate Bandung.

Rencananya, kata Fahmi, bus tersebut akan dioperasikan di Kota Sukabumi pada awal 2019 mendatang. Dalam pengoperasiannya akan melibatkan organisasi angkutan darat (Organda).

Saat ini ungkap Fahmi, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi masih mencari nama untuk bus wisata tersebut di Sukabumi. ‘’Kalau di Bandung dikenal dengan istilah "Bandros" atau Bandung Tour on Bus dan di Kota Cimahi dikenal "Sakoci" atau Saba Kota Cimahi,’’ imbuh dia.

Fahmi memberikan peluang kepada warga untuk memberikan ide dan masukan mengenai nama yang akan digunakan dalam bus tersebut. Jika ada nama yang cocok maka akan digunakan secara resmi.

Lebih lanjut Fahmi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar yang memberikan hibah bus pariwisata ke Kota Sukabumi. Sebabnya bus yang didesain langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini hanya diberikan kepada 13 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Selain Kota Sukabumi daerah lainnya yang mendaptkan bus serupa adalah Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaraan, Kota Depok, Kota Bekasi. Daerah lainnya yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Garut. 

Fahmi mengatakan, bantuan ini akan membantu percepatan pembangunan di kota/kabupatan se-Jabar. Terutama dalam menunjang perkembangan wisata dan ekonomi di daerah khususnya di Sukabumi.

Terlebih kata Fahmi, Kota Sukabumi memiliki sejumlah kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi dan dilintasi oleh bus wisata tersebut. Misalnya mulai dari banyaknya bangunan bersejarah di Kota Sukabumi atau heritage, kawasan wisata kuliner, dan sejumlah obyek wisata alam seperti pemandian air panas Cikundul. ‘’ Bus wisata ini akan mempermudah akses wisatawan ke lokasi wisata,’’ cetus Fahmi. 

Di sisi lain, kehadiran bus wisata di Sukabumi ini disambut antusias oleh warga. Hal ini ditandai dengan tingginya respon netizen di media sosial milik wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Misalnya di akun pribadinya di Instagram, postingan mengenai bus wisata ini disukai oleh lebih dari 1.436 orang. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan komentar di dalam akun wali kota tersebut.

‘’ SUSUKAN= Sukabumi Suka Jalan-Jalan,’’ terang Ridwan Kamil memberikan komentar terkait masukan nama bus wisata di Sukabumi. Selain gubernur Jabar banyak netizen yang mengusulkan nama bus lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA