Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Perempuan Ahli Surga

Ahad 23 Dec 2018 12:15 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

Surga (ilustrasi)

Foto:
Mereka punya keimanan, ketakwaan yang tinggi kepada Allah SWT

Kendati demikian, Rasulullah SAW sangat menghormati Ummu Aiman ka rena dedikasinya yang ting gi. Karena itu, Muhammad meng anggap Ummu Aiman seba gai ibu keduanya setelah Amina, ibu kandungnya sendiri.

Hubungan antara Muhammad dan Ummu Aiman sangat dekat sehingga ham pir tidak ada sekat. Bahkan, Mu ham mad pernah ber can da dengan Um mu Aiman. Ba nyak cerita yang meng gam barkan kedekatan Muhammad de ngan Ummu Aiman. Salah satunya ke tika Ummu Aiman mengatakan ingin minum juga ketika Muham mad sedang minum.

Aisyah yang berada di sam ping Muhammad lalu menegur Ummu Aiman karena dianggap tidak sopan. Namun, Muhammad tetap memberikan Ummu Aiman air minum. Sikap Muhammad itu jelas menandakan bahwa so sok Ummu Aiman adalah pe rem puan yang sangat dihormati nya.

Ummu Aima sangat menya yangi Muhammad. Dia menyerahkan seluruh hidupnya untuk melayani segala kebutuhan hi dup nya. Ummu Aiman juga ba gian dari generasi awal pemeluk agama Islam. Dia ikut hijrah ke Madinah tanpa bekal dengan berjalan kaki.

Tidak hanya itu, Ummu Ai man juga berjuang dalam menye bar kan agama Islam. Dia ber sa ma Muhammad tercatat beberapa kali ikut berperang seperti perang Uhud dan Khaibar. Dia meng ambil peran sebagai perawat umat Islam yang terluka dan membagi-bagikan air minum.

Ummu Aiman menikah seba nyak dua kali. Pertama dia meni kah dengan Ubaid bin Zaid atas anjuran Muham mad sen diri de ngan Khadijah. Perni kah an keduanya dengan Zaid bin Harit sah, di mana seorang budak Rasu lullah yang sudah dianggap seba gai anaknya sendiri.

Ummu Aiman menikah lagi setelah suami pertamanya me ning gal tak lama setelah lahir anak nya. Dari pernikahannya de ngan Zaid, Ummu Aiman dikaruniai seorang anak, yaitu Usamah. Usa mah kemudian menjadi pang lima ter mu da dalam sejarah Islam. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA