Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Struktur BP Batam Dipastikan tak Berubah

Selasa 18 Dec 2018 23:03 WIB

Red: Nur Aini

Industrial port in Batam (illustration)

Industrial port in Batam (illustration)

Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Kepala BP Batam kini dirangkap oleh ex officio Wali Kota Batam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso memastikan tidak ada perubahan struktur organisasi dari BP Batam, meski figur pemimpin dalam organisasi tersebut telah berubah.

"Secara konsep tidak ada perubahan di BP Batam, yang berubah hanya Kepala BP Batam dirangkap ex officio Wali Kota Batam," kata Susiwijono di Jakarta, Selasa (18/12).

Ia menjelaskan aturan atau regulasi yang akan mengatur pelaksanaan rangkap jabatan kepala BP Batam secara ex officio Wali Kota Batam sedang disiapkan dan diharapkan selesai sebelum akhir 2018. Susiwijono mengharapkan rangkap kepemimpinan ini bisa memberikan solusi yang efektif untuk mendukung pengembangan kawasan industri Batam ke depannya.

"Ini momentum penguatan serta mereview struktur organisasi. Saya optimistis, rangkap jabatan menjadi satu ini bisa memberikan kepastian kepada investor," katanya.

Sebelumnya, rapat kabinet terbatas pada Kamis (13/12) memutuskan Kepala BP Batam dijabat ex officio dengan Wali Kota Batam untuk memberikan solusi atas dualisme kepemimpinan yang terjadi di Batam. Dengan demikian pengelolaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (KPBPB) Batam, tetap dilakukan BP Batam yang dipimpin ex officio Wali Kota Batam.

Tujuan awal pembentukan BP Batam ini untuk menyiapkan kawasan Batam, yang pernah menjadi kawasan Free Trade Zone (FTZ), sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA